Komunitas

Ngabubur-IT bersama Blogger Depok dan Internet Sehat

August 29, 2010

Ramadhan bulan yang penuh berkah ternyata benar adanya, terbukti pada Sabtu, 28 Agustus kemarin puluhan blogger Depok yang kebanyakan belum pernah saling bertemu akhirnya dapat bersilaturahim dan saling bercengkrama. Pertemuan para blogger yang lebih populer dikenal dengan istilah kopdar (kopi darat) ini terbilang ramai dan sangat mengesankan.

Kegiatan ngabubur-IT bertajuk “Jangan Takut Tetap Posting” ini diselenggarakan atas kerja bareng deBlogger (Komunitas Blogger Depok) dan Internet Sehat. Burger and Grill Margonda yang menjadi tempat acara ini digelar terasa penuh sesak oleh kehadian puluhan blogger Depok. Padahal tempat ini memiliki berkapasitas 50 orang lho.

Acara diawali dengan sesi sharing yang dibawakan dengan apik oleh Ilman Akbar, beliau adalah enterpreuner muda yang cukup berhasil. Garis besar sharing dari Ilman ini ada beberapa point menurut saya, yaitu:

  • Jadikan kegiatan ngeblog sebagai salah satu sarana menemukan passion kita
  • Temukan manfaat dari passion kita tersebut, semisal menjadikannya sebagai lahan usaha
  • Bedakan antara ngeblog dan usaha. Blog sebagai sarana penuangan ide dan pikiran serta berbagi dan usaha berada di sisi yang lain yang harus dipisahkan
  • Jejaring sosial merupakan salah satu sarana untuk menjaring pertemanan dan informasi, bukan sebagai sarana untuk usaha

Temukan passion kita… Apa ya passion saya itu? itulah yang menggelitik saya secara pribadi. Kok ya rasanya pertanyaan ini akan terus terngiang di kepala saya. Apalagi jika passion itu dihubungkan dengan dunia usaha. Saya merasa amat tertantang di sini.

Selesai sesi sharing, acara dilanjutkan dengan pengumuman Lomba Blog MyPulau Telkomsel bersama deBlogger. Wah dari 3 orang pemenang yang diumumkan ternyata salah satu pengurus deBlogger masuk sebagai juara lho *lirik ke Aksa*.

Acara makin seru karena tiap sesi pasti dilanjutkan dengan tanya-jawab. Di bagian ketiga acara berlanjut dengan sosialisasi Pesta Blogger (PB) 2010. Shinta Setiawan selaku perwakilan dari kepanitiaan PB2010 menyatakan bahwa PB kali ini akan didedikasikan bagi komunitas, artinya akan diberi ruang yang seluas-luasnya bagi komunitas untuk menampilkan eksistensi dan prestasi masing-masing. Wah keren ya, kita nantikan aja PB 2010 ini di penghujung Oktober tahun ini.

Tibalah pada acara inti yaitu presentasi dari internet sehat. Materi presentasi dibawakn dengan lugas dan ringan sehingga sangat menarik bagi peserta. Ada beberapa catatan penting menurut saya dari materi yang disampaikan, antara lain:

  • Tetaplah seorang blogger pada fitrahnya, yaitu menulis. Jangan pernah takut untuk menyuarakan isi kepala dan hati kita
  • Konsisten pada kode etik sebagai blogger
  • Peraturan pemerintah yang melakukan filter merupakan peraturan yang sebaiknya dapat ditinjau lebih jauh akan dampak baik dan buruknya terhadap masyarakat, sehingga keamanan berinternet tidak hanya ada sebagai sesuatu yang semu.
  • Banjiri internet dengan tulisan-tulisan positif sehingga masyarakat dapat melihat bahwa internet bermanfaat dan tidak hanya dipandang sebagai sesuatu yang negatif.
  • Melakukan filter pribadi adalah kunci utama dalam berinternet sehat

Acara ini selain merupakan ajang sharing pengetahuan dan untuk menjalin silaturahim ternyata juga merupakan sarana untuk mendapatkan aneka hadiah menarik. Dari pemberi pertanyaan terbaik, pemenang kuiz, sampai peserta yang melakukan livetweet terbaik semua mendapatkan hadiah. Nah ini adalah foto teman-teman peserta yang beruntung :

Acara yang terbilang singkat ini sangat mengesankan. Sukses buat deBlogger dan internet sehat sebagai penyelenggara. Ada sesuatu yang bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini, setidaknya mereka tidak akan takut lagi untuk posting di blog masing-masing selama mampu melakukan filter untuk diri sendiri.

Yuk tetap posting (banana_rock)

Sumber foto : Jepretan Ramadoni

(1727)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. wah ada foto ane mejeng di situ ya! jadi ngga enak tuh, Alhamdulillah bulan penuh berkah dapat CD norton gratis. Laporanya matab sekali bang hehe :)

    1. Wah selamet ya Toriq mendapatkan CD Norton, lumayan banget tuh (applause)

      Eini posting ane bikin sambil ngantuk2 kok, justru banyak kekuarangan dan terlalu sederhana. Thanks ya udah mampir (worship)

    1. Bener banget Om Brad, walau nggak lama tapi meninggalkan kesan yang mendalam *apaseh* (doh)

      Om itu postingan terakhirnya bahasa inggeris ya? jadi pusing bacanya hihihi (haha)

  2. Quote
    ———————————————-
    Acara yang terbilang singkat ini sangat mengesankan. Sukses buat deBlogger dan internet sehat sebagai penyelenggara. Ada sesuatu yang bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini
    ———————————————–
    End Quote

    Bener.. gua bawa makanan pulangnya (hungry)*ditiban opa*

    Tapi beneran nyesel yang ga dateng
    Gua dateng telat ga ngikutin acara dari awal aja sedih (tears) nasib
    Montoq recently posted..How much your trash everydayMy Profile

    1. Oh ini toh yang ngabisin makanan kemaren (taser) (idiot)

      Padahal kan makanan ntu udah ane siapin buat ane bawa pulang (lmao)

      Acaranya emang keren banget Ris, hidup dan rame pisan (goodluck) Sering2 dah ngadain acara kayak gini (hassle)

  3. bang iman maen k rumah barunya bang iman nih..
    minta teh manisnya.. heheh..

    wah keren bnget nih acaranya…
    jadi pengen gabung k DeBlogger.. hahaha
    ntar usul k bloggor ahh supaya ada acara kyak gini…

    jadi pnsaran nih sama konsep PB2010, jadi maksudnya komunitas itu contohnya persatuan blogger kyak deblogger ya?? atau komunitas lain yg punya blog?? masih bingung..
    semoga bisa kopdar ntar ya bang iman..
    titoHeyziputra recently posted..Rezeki memang ga kemana- Berkah di Bulan RamadhanMy Profile

    1. Tito, yang dimaksud komunitas adalah seluruh komunitas blogger yang ada di Indonesia, semisal deBlogger di Depok dann Bloggor di Bogor. Ini terbuka untuk seluruh komunitas blogger yang ada. Gitu bro (goodluck)

  4. acaranya bagus…tapi sayang ga ngomongin open source, banyak peserta yang pake laptop OSnya Jendela dan presentasi screening pake aplikasi dari OS Jendela, awas lho…jangan pake OS bajakan…hehehehe, ntar malah komunitas kita kena sweep :-) .padahal bloging itukan gratis-tis. saya sarankan laen kali kita pada pake linux halalan thoyyiban dan yang pasti gratis n turut berpartisipasi menyebarkan opensource….

    1. Afsya, lupa ya kalau tema acara kita kemarin itu adalah “Jangan Takut, tetap Posting”? Jadi pastinya pokok pembicaraan akan fokus seputar bagaimana kita mensikapi kebijakan filtering yang dilakukan oleh pemerintah beserta segala perangkat perundangan yang dapat menjerat kita sebagai blogger :-D .

      Untuk tema open source kayaknya kita perlu menggelar event lagi deh hehehe (goodluck)

  5. saya suka dengan kalimat melakukan filter adalah kunci internet sehat. Padahal pasang filter itu susahnya minta ampun :)

    sukses buat blogger depok! salam dari KBBC

    1. Filter pribadi di sini bukanlah dalam artian kita memerlukan tenologi tertentu bro, jangan salah paham (goodluck) . Maksudnya kita mampu menyaring sendiri content2 positif yang kita perlukan di internat :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)