Hikmah

Bacalah dengan Nama Tuhanmu…

January 17, 2011

Belum lama ini saya pernah diajak oleh mantan manager sekaligus sahabat saya yaitu Pak Akhmad Tefur untuk mengikuti sebuah training SQ (spiritual quotient) bertemakan Sufi Metropolitan. Judulnya menggelitik dan memang bikin penasaran karenanya saya berminat sekali ingin ikut.

Acara yang digelar di sebuah perusahaan swasta di bagian barat Jakarta ini begitu menarik bagi saya, selain memang pembicaranya adalah sahabat saya sendiri, training ini juga dibawakan dengan media audio-visual yang sangat menunjang.

Begitu banyak hikmah yang saya terima dari acara ini, namun saya tertarik untuk sharing mengenai satu hal yang menjadikan kita bisa menjadi sufi-sufi di kota metropolitan ini, sederhana namun begitu mengena bagi saya, yaitu mengamalkan ayat pertama yang diturunkan dari Alquran yang berbunyi “Bacalah dengan Nama Tuhanmu yang menciptakan” (Al Alaq : 1 )

Asmaul Husna

Seringkali orang memotong ayat pertama hanya pada Bacalah(iqro), padahal ini masih belum lengkap. Walaupun definisi membaca itu sendiri sangat luas. ALLAH sebenarnya tidak hanya menghendaki kita untuk membaca saja, Dia ternyata membimbing kita untuk memiliki pedoman dan kacamata khusus dalam membaca ini, yaitu “nama Tuhan”…

Nama Tuhan? Tentu saja kita (muslim) mengetahui begitu banyak nama-nama Tuhan yang menyiratkan sifat dan karakter-Nya, ini biasa kita kenal sebagai Asmaul Husna yang berjumlah 99. Silakan klik di sini untuk mengetahu apa saja Nama-Nama Tuhan yang berjumlah 99 tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya? Yuk kita lihat foto di bawah ini dan kita mulai untuk membacanya dengan nama-nama Tuhan…

Foto Pemenang Pulitzer Award

Jika kita melihat foto di atas maka akan muncul di kepala dan hati kita sifat Tuhan Ar rahman (pengasih) dan Ar Rahim (penyayang). Ini karena kita iba dan merasa kasihan, tentu saja kita bukan malah gembira atau malah bangga, naudzu billah…

Nah bagaimana dengan situasi ini?

Antri

Nah kalau antri begini maka sifat Tuhan yang semestinya muncul dalam diri kita adalah As shaabuur (sabar) sehingga kita senantiasa tenang dan tidak mudah emosi.

Nah silakan munculkan nama-nama Tuhan yang terbersit di hati ketika melihat foto-foto ini :)

Niscaya dengan membaca menggunakan nama-nama Tuhan kita akan lebih terjaga dalam kebaikan dari waktu ke waktu, amien. Semoga bermanfaat ya (worship)

Sumber Foto :

http://3.bp.blogspot.com

http://menjawabdenganhati.files.wordpress.com

http://arunals.files.wordpress.com

http://marihanafiah.files.wordpress.com

http://3.bp.blogspot.com

http://zulfand.blogdetik.com

http://gold.balipalace.com

(5781)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Wah senangnya kedatangan sesepuh blogger Bogor :-D

      Salam kenal kembali. Thanks ya bro. Omong2 kapan ya blogger Depok dan Bogor bisa ketemuan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)