Hikmah

Tidur Ketika Shalat Jumat?

August 10, 2012
Sumber : generusjaktim2.wordpress.com

Hari ini hari Jumat, genap 22 hari saya telah menunaikan ibadah shaum (puasa) Ramadhan tahun (1433 H) ini, alhamdulillah (worship) . Nggak terasa. Rasanya baru kemarin merasakan senangnya kembali shalat tarawih pertama.

Membicarakan hari Jumat, kita akan langsung teringat akan shalat jumat yang merupakan kewajiban bagi muslim. Ibadah mingguan ini kerap kali mengundang banyak cerita untuk dibagi, saat ini saya coba sharing tentang pengalaman tidur saya ketika shalat Jumat ya hehehe (haha)

KENAPA TIDUR KETIKA SHALAT JUMAT?

Ruangan masjid yang nyaman, suasana yang tenang, ventilasi udara yang baik bahkan terkadang dilengkapi dengan pendingin udara, serta waktu yang tepat tengah hari adalah antara lain faktor penyebab kita mudah sekali mengantuk saat shalat jumat ini.

Belum lagi rutinitas keseharian kita misalnya pekerjaan di kantor yang memang membuat kita jenuh. Sangatlah wajar jika sang kantuk ini sangat mudah menyerang kita.

NGANTUK? YA TIDUR AJA

Sumber : home.spotdokter.com

Beneran!

Saya pun demikian. Tapi ada syaratnya lho. Syaratnya adalah jangan tidur ketika sedang khutbah Jumat. Sebab khutbah adalah bagian yang tak terpisahkan dari shalat Jumat.

Secara hitungan matematika anak SD, khutbah Jumat itu nilainya sama dengan 2 rakaat dari shalat Dzuhur yang biasa kita lakukan sehari-hari, artinya kan setengah nilai dari total shalat Jumat!

Katanya boleh tidur, kapan dong jadinya?

Iya benar kalau kita memang terserang kantuk yang sangat, monggo silakan untuk tidur, tapi lakukanlah sebelum waktu khutbah.

Menurut saya ini adalah pilihan cerdas. Saya sudah beberapa waktu ini melakoni hal ini. Walhasil jika bisa datang lebih awal ke masjid sekitar 30 menit sebelum adzan, shalat sunnah 2 rakaat, lantas kantuk menyerang ya langsung aja tidur. Sambil duduk lho ya bukan rebahan (goodluck) . Lumayan lho bisa dapat sekitar 20 menitan. Walhasil ketika adzan berkumandang kita sudah dalam kondisi lebih segar. Khutbah jumat pun dapat kita simak dengan khusyuk tanpa rasa kantuk.

Nggak percaya?

Coba deh buktikan. Selain nggak rugi kehilangan pahala khutbah jumat, kita pun tetap dapat waktu istirahat sejenak, sekedar menghilangkan kepenatan dan kelelahan karena aktifitas rutin kita.

Saya sudah membuktikannya. Mau coba? (goodluck)

 

 

(984)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Kalau nggak sengaja sih setau saya nggak apa-apa kali bro hehehe. Tapi semua tergantung niat sih bro, kalau kita niat untuk mendengarkan khutbah Insya Allah akan ada kekuatan ekstra untuk nggak tertidur :-D

    1. Wah Hadi, semua orang juga mau dong tidur dulu pada jam segitu. Tapi pertanyaannya : apakah bisa seorang karyawan tidur pada jam kerja? (goodluck)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)