Review

Samsung Galaxy S6/Edge,Perpaduan Kecantikan Penampilan dan Keunggulan Spesifikasi

June 18, 2015
GSMarena
GSMarena

Jika kita ingin tahu smartphone apa yang paling canggih saat ini, banyak pemerhati gadget akan menjawab Samsung Galaxy S6/Edge. Jika kita ingin tahu pula smartphone mana yang memiliki penampilan paling stylish, fresh, dan berkelas, sepertinya tidak berlebihan jika saya menduga banyak para pengamat gadget memberikan jawaban yang sama, khususnya untuk Samsung Galaxy S6 Edge yang memiliki bentuk layar yang fenomenal.

Jagoan Spesifikasi

Antutu Benchmark memperlihatkan Smartphone Mana berpredikat Jagoan dalam Performa :

Antutu.com
Antutu.com

Grafik di atas sudah cukup berbicara tentang siapa sang jagoan performa dengan prosesor tercepat itu. Tidak lain dan tidak bukan adalah Samsung Galaxy S6 di peringkat pertama dengan score hampir mendekati 70.000 dan membuntuti di belakangnya Samsung Galaxy S6 Edge dengan selisih score yang terpaut sekitar 5000.

Diketahui sebelumnya, dalam beberapa tulisan di blog ini, Samsung selalu menggandeng Qualcomm sebagai penyedia prosesor dalam Galaxy S Series. Di Galaxy S6/Edge ini Samsung memberanikan diri menggunakan prosesor buatan mereka sendiri, yakni Exynos series. Tidak tanggung-tanggung mereka langsung menyematkan 8 inti ke dalam Galaxy S6/Edge ini. Exynos 7420 ini terdiri dari Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57. Prosesor 8 inti tersebut didukung juga oleh RAM sebesar 3 GB, GPU Mali-T760MP8 dan ruang memori internal 32 GB untuk S6 dan 64 GB untuk S6 Edge.

Menjawab keraguan para pengamat sebelumnya, Samsung telah berhasil membuktikan kedigdayaan mereka dalam membuat prosesor sendiri. Setidaknya Antutu Benchmark ini merupakan salah satu parameter performa dari smartphone yang diakui oleh banyak pihak.

All New Design from Samsung

Samsung lekat dengan imej smartphone canggih dan mahal tapi memiliki body plastik yang terkesan sangat “cheap look”. Imej ini karena Samsung keukeuh menggunakan body plastik dengan design yang cenderung itu-itu saja. Dan ini bertahan hingga era Samsung galaxy S5.

Pihak Samsung mungkin gerah juga dengan banyaknya kritikan dan protes yang kian hari kian menguat, tidak hanya dari para pesaing namun juga para pecintanya. Akhirnya Samsung membuat gebrakan melalui Samsung Galaxy S6/Edge ini. Mereka berhasil melahirkan inovasi design yang sangat fresh, selain menggunakan material metal dan kaca yang terkesan mewah dan berkelas, khusus Galaxy S6 Edge Samsung mampu mengaplikasikan bagaimana penggunaan layar lengkung yang pas secara fungsi dan juga sangat indah secara design. Hal ini banyak membuat para pemerhati gadget langsung terpesona dan mengakui keunggulan design ala Samsung ini.

Design unibody ini memiliki konsekuensi cover belakang yang tidak dapat dibuka. Tidak seperti model Samsung Galaxy sebelumnya yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk membuka-tutup cover belakang Galaxy S series milik mereka. Penampilan body metal dan kaca ini mewah dan sekaligus juga kuat karena dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang body.

Sebagaimana pada iPhone, kini Samsung Galaxy S6/Edge juga tidak lagi memiliki slot memori tambahan. Namun jangan khawatir, khusus di Indonesia Samsung menggelontorkan seri yang 64 GB untuk Galaxy S6 Edge dan 32 GB untuk Samsung Galaxy S6. Setelah terpotong sistem operasi dan beberapa aplikasi bawaan sebesar 7 GB, maka masih banyak memori yang masih bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan. Selain itu untuk mensiasati memori jika masih dirasa kurang kita juga bisa menggunakan USB OTG.

Layar Superb

Dengan layar berdiagonal 5.1 inci Galaxy S6/Edge terasa pas dalam genggaman. Resolusi yang tersemat pada layar adalah sebesar 1440 x 2560 pixels. Dengan demikian kerapatan pixel pada ponsel ini sebesar 577 ppi. Wow! Tidak heran jika tampilan layarnya benar-benar memukau. Apalagi teknologi layar khas Samsung Super Amoled kini makin nyaman di mata dengan warna-warna natural. Beberapa pihak dalam review nya bahkan menyebutkan bahwa keindahan layar Galaxy S6/Edge layaknya stiker yang ditempelkan pada ponsel. Benar-benar indah bukan?

Yang membedakan Galaxy S6 dan S6 Edge hanya pada layar melengkung di sisi kanan dan kiri pada S6 Edge, sedangkan Galaxy S6 memiliki layar datar sebagaimana Galaxy series sebelumnya. Samsung menyebutnya sebagai “Curve Edge Design“. Kehadiran layar lengkung yang sangat fungsional ini membuat fenomena tersendiri dalam sejarah penggunaan layar lengkung. Sebelumnya layar lengkung hanya hadir hanya untuk keindahan design semata tanpa tambahan manfaat apa pun. Pada S6 Edge layar lengkung ini bisa digunakan sebagai tanda notifikasi nomor kontak atau email 5 orang yang kita pilih, bisa menampilkan news feed situs yang kita inginkan dan beberapa fungsi yang lainnya.

GSMarena

Ini Dia Beberapa Kekurangan

Berbagai keistimewaan tersaji lengkap dalam ponsel Samsung Galaxy S6/Edge ini. Namun demikian tetaplah ada beberapa kekurangan di dalamnya. Di antaranya adalah sumber energi yang hanya berkekuatan 2600 mAh. Jika dipakai secara masif baterai ini hanya mampu bertahan selama 9-12 jam saja. Namun demikian Samsung ternyata berhasil menjadikan kekurangan ini sebagai kelebihan mereka. Mereka memperkenalkan teknologi fast charging yakni mampu mengisi kembali daya hingga 50% dengan hanya melakukan charge selama 30 menit. Selain itu Samsung juga memperkenalkan ‘save mode” yang mampu membuat ponsel bertahan hingga 2 jam walau baterai hanya tersisa 4%. Beberapa pihak sudah membuktikan kebenaran klaim Samsung ini.

Penggunaan material logam dan gelas dalam design unibody ini juga membuat cover belakang Galaxy S6/Edge tidak bisa dibuka. Karenanya baterai yang tertanam di sana tidak dapat diganti.

Terakhir kekurangan terbesar Samsung Galaxy S6 Edge adalah pada harga yang sedemikian melangit. Di tanah air ponsel ini dibanderol pada harga 12.5 jutaan rupiah. Sedangkan Galaxy S6 hanya 9.5 juta atau terpaut sekitar 3 juta. Padahal keduanya adalah sama persis hanya berbeda pada layar melengkung  dan memori lebih besar pada S6 Edge.

Namun apa pun semua kekurangan itu keputusan terakhir ada di tangan Anda. Apakah Anda merasa layak memiliki ponsel fenomenal ini dengan merogoh kocek cukup dalam? Ponsel ini memang merupakan ponsel terbaik, prosesor tercepat, serta dengan kamera ponsel yang juga terbaik. Silakan Anda yang menentukan.

 

(1280)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)