Uncategorized

#DibuangSayang di Enam Tahun deBlogger

June 21, 2015
Twitter deBlogger

Lahir 6 tahun yang lalu, deBlogger (perhatikan huruf besar dan kecilnya ya hehehe) sebagai salah satu komunitas blogger berbasis kota, alhamdulillah masih menunjukkan eksistensinya di kancah dunia perbloggeran yang saat ini seolah tengah lesu darah. Masih ingat benar bagaimana puncak kejayaan era komunitas blogger, terutama yang berbasis wilayah/kota/propinsi, tiap komunitas seolah berlomba untuk menggelar kegiatan yang pastinya menarik, unik, kreatif, dan fresh khas ala blogger. Istilah kopdar bertebaran hampir saban pekan. Dan ini sungguh menyenangkan.

Cukuplah mengenang masa lalu yang manis itu. Saat ini memang sepertinya era blogger individual. Di satu sisi Blogger kini kian dihargai oleh banyak pihak, termasuk para pebisnis dan instansi-instansi yang kerap kali mengundang blogger untuk tiap event yang mereka gelar. Namun di sisi yang lain ikatan para blogger dalam komunitas kian kendur dan memudar. Ironis memang.

Blogger Komunitas lesu darah. Memang. Namun tidak semua. Kami di deBlogger Alhamdulillah pekan lalu, tepatnya 13 Juni 2015 lalu, telah berhasil menggelar event ulang tahun (milad) deBlogger dengan cara yang unik. Bermula dari lontaran ide-ide lucuk dan unik yang kemudian kami kumpulkan, saring, peras, lalu diekstrak dengan pelarut yang jernih menghasilkan sebuah ide yang kita sepakati bareng yakni bikin “ajang jual beli” barang-barang penuh kenangan. Setiap tahun memang kita seperti sepakat “pokoknya acara nggak boleh sama dengan tahun sebelumnya” hehehe.

“Ajang jual beli” barang-barang penuh kenangan?

Jadi idenya begini, kadang kita punya barang tertentu di rumah yang nyaris nggak pernah terpakai tapi masih bagusssss banget, entah itu karena salah beli, salah ukuran, salah merk, hadiah, atau malah pemberian dari “mantan”? #eh

Nha, di situ deh ide mulai bergulir secara liar. Akhirnya disepakati untuk menggelar alias memfasilitasi orang-orang dengan definisi di atas untuk dapat menjual barangnya dalam suatu event. Kami menyebut event ini dengan nama “Dibuang Sayang”.

MC Pecah dan Barang Unyu-Unyu

Sabtu, 13 Juni lalu, bertempat di Auditorium Microsoft lantai 18 Gedung Bursa Efek Jakarta event lucuk ini pun digelar. Terkumpul aneka rupa barang-barang menarik yang akan ikutan dijual di sini, dari barang-barang keperluan sehari-hari, lux/berkelas, gadget, sampe barang yang unyu-unyu juga ada.

Kami memakai tempat ini karena Alhamdulillah Microsoft dan Intel merupakan salah satu pendukung digelarnya acara ini. Pendukung lainnya adalah Bhinneka.com, Ufairah Catering dan juga Detik/Blog Detik sebagai media partner. Oh ya snack dari Ufairah asli enak bingiiiits dan bikin nagih, dan satu lagi, Wi Fi dari Microsoft lumayan kenceng lho hehehe.

Ada kompor gas portable, pakaian anak, sepatu, speaker, casing iPhone, cermin, frame, ballpoint Parker, pointer proyektor, buku cerita anak-anak, bag coat, wireless mouse, jacket, kaos, karakter animasi (Groot), dan masih banyak lagi. Rame kan!

Acara diawali dengan sambutan Sang Ketua deBlogger seumur hidup, Aris Sunawar yang dilanjutkan dengan welcoming speech dari pemilik tempat, Microsoft, yang kemarin diwakili oleh Netty Mei.

deBlogger.org

Acara ini dipandu oleh 2 orang MC (Dhoni dan Grace) yang mampu memecahkan suasana hening dan khidmat menjadi pecah dan hingar bingar. Gimana nggak, ketika ada satu barang yang diminati oleh lebih dari 1 orang maka sang duet MC ini dengan segala kreatifitasnya akan memilih satu orang yang berhak membeli dengan cara yang unik banget. Misalnya saja sebuah barang dengan 3 peminat si MC dengan semena-mena membuat kriteria pemenang dengan menghitung jumlah kunci yang dibawa oleh ketiga peserta, yang paling banyaklah tentu yang berhak memboyong barang tersebut. Ada pula dengan cara adu panjang tali sepatu, adu banyak follower twitter atau yang paling nggak kocak adalah adu banyak angka 6 pada plat nomor kendaraan #duh (angka 6 : angka ultah deBlogger).

Puncaknya adalah pada barang yang paling banyak diminati, yaitu mobile speaker untuk handphone. Barang ini ditawarkan pada harga 5000 dan diminati oleh 8 orang peserta. Pasangan MC ini semakin meminta yang aneh-aneh pada para peminat, yang paling mengenaskan adalah mereka harus bercerita seberapa butuhnya mereka pada sang speaker ini. Kisa dramatis pun mengalir lancar dari 8 orang peminat ini. Hingga akhirnya terjadi lelang yang nyaris nggak masuk akal, karena speaker ini akhirnya bisa laku dengan harga 75 ribu rupiah!

Facebook Aris Sunawar

Thanks to Bhinneka

Di event yang seru ini Bhinneka membuat booth yang ternyata juga nggak kalah rame. Para peserta acara ini bermain sebuah games seru untuk mendapatkan sebuah hadiah menarik dari Bhinneka. Mereka beradu jitu melempar panah ke sasaran. Booth ini pun jadi pusat keramaian dan kehebohan.

Bhinneka merupakan sponsor utama acara #dibuangSayang ini. Dalam acara ini Bhinneka memperkenalkan beberapa keunggulan Bhinneka serta program-program baru yang menarik khusunya bagi para blogger. Program Affiliate ini ditujukan bagi para pemilik website atau blog dengan pengunjung yang cukup ramai. Bhinneka menawarkan passive income dengan cara yang sangat mudah, yakni tinggal menaruh link di kata-kata kunci di tulisan blog kita dan menghubungkannya ke situs Bhinneka, selanjutnya kita tinggal menikmati komisi dari pengunjung yang meng-klik link tersebut dan melakukan transaksi.

The Winner is…

deBlogger.org

Nggak afdhal rasanya jika nggak bagi-bagi hadiah dalam sebuah event. Di ajang #DibuangSayang ini deBlogger memberikan 3 penghargaan untuk 3 kategori :

  • kategori pembeli terbanyak dimenangkan oleh Bapak Dedi Haryadi. Beliau memborong (hampir) semua barang disana
  • kategori barang dengan peminat terbanyak dimenangkan oleh saya. Horeeeee!!! Nggak sia-sia deh bawa kompor dari rumah #eh
  • dan untuk kategori “background story” terenyuh karena pada jaim, maka dilakukan pengundian twitter pibadi dengan follower terbanyak, dan pemenangnya adalah Luvie Melati dengan follower hampir 1500

Next…

Alhamdulillah #dibuangSayang berlangsung dengan lancar dan meriah. Sepertinya deBlogger akan menggelar acara lagi dalam waktu dekat (baca : di bulan puasa). Ssstt… tapi diam-diam ya, jangan bilang siapa-siapa dulu :D

indobrad.wordpress.com

Baca Juga:

Tulisan Bradley 

Tulisan Aris di Portal Resmi deBlogger

(591)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Hi 21inchs,

      Eh nama kamu siapa atuh, masa saya manggilnya 21inchs sih hehehe.

      Kalau mau gabung di deBlogger gampang kok, kamu join aja milisnya di google groups/deblogger, kemudian kamu perkenalkan diri kamu dan blog kamu.

      Ditunggu ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)