Sharing

Meja Kerja Rapi, Why Not?

August 28, 2018

Merapikan meja kerja selalu menjadi hal yang menyebalkan. Selain “penampakannya” yang sangat berantakan karena kita sering meletakkan barang sembarangan, meja kerja kita juga kadang sudah cukup kotor karena jarang kita bersihkan.

Tentu saja meja kerja yang berantakan akan membuat kita tidak nyaman untuk bekerja, bahkan menurunkan motivasi bekerja, bahaya kan?

Nah, saya mau bagi-bagi tips nih untuk membuat meja kerja kita rapi dengan cara yang simpel dan menyenangkan. Ini dia peralatan yang diperlukan untuk membereskan kekacauan di lingkungan kerja kita.

Bersih-bersih dulu

Pertama-tama yang perlu kita siapkan adalah kain microfiber, cairan pembersih serbaguna, kemoceng dan alat bersih-bersih lainnya. Bersihkan meja kerja kita hingga tuntas bersihnya. Pastinya seluruh barang yang ada di atasnya kita kosongkan terlebih dahulu. 

Susun, Kategorikan

alicdn.com

Kita bisa mulai dengan merapikan barang-barang yang berserakan diatas meja kerja kita. Susun file-file kertas dan dokumen berdasarkan kategori yang kita inginkan, misalnya file customer, file report, file keuangan dan lainnya sesuai kebutuhan. Pindahkan ke dalam box sesuai dengan kategori masing-masing.

Selain itu benda-benda di atas meja kerja juga perlu ditata, seperti peralatan menulis, kartu nama, peralatan elektronik dan lainnya. tempatkan masing-masing pada tempatnya. Khusus untuk alat tulis dan kartu nama kita bisa membeli tempat penyimpanannya di toko-toko buku terdekat. Jangan lupa juga untuk merapikan benda-benda kecil seperti penjepit kertas atau klip di tempat terpisah juga.

Box/Laci Penyimpanan Jika Perlu

Oh ya, jika jumlah barang-barang kita ternyata jumlahnya tidak sedikit dan sulit menatanya di atas meja kerja, bisa juga kita membeli laci kecil atau kotak penyimpanan agar barang-barang tersebut bisa lebih rapi dan mudah untuk ditemukan.

Bagaimana Cara Bersih-Bersih Tuntas?

Omong-omong tentang kain microfiber, ini mahluk apa sih? Kok kita memerlukannya dalam proses bersih-bersih meja kantor kita?

Nah, kain microfiber adalah kain yang memiliki tekstur halus dan mampu menyapu juga membersihkan kotoran serta debu yang menempel sampai ke lapisan terbawah. Kain microfiber juga dapat menyerap kelebihan air apabila ada tumpahan air.  Setelah itu kita bisa mulai membersihkan debu disekeliling meja kerja kita. 

Untuk noda atau debu membandel kita bisa membersihkannya dengan menambahkan lebih banyak cairan pembersih di kain microfiber, lalu gosok kain microfiber di tempat tersebut sampai noda terangkat sepenuhnya. 

Setelah membersihkan meja kerja dengan kain microfiber kita bisa langsung menata kembali meja kerja kita se-kreatif mungkin agar kita tetap betah untuk bekerja dan menghabiskan waktu di tempat kerja.

Tak masalah jika kita ingin membawa makanan ke meja kerja, namun jangan pernah lupa untuk selalu membuang sampahnya ya. Artinya kita harus juga menyediakan tempat sampah. Jangan sampai lupa lho!

Atmosfir lingkungan pekerjaan memang merupakan hal yang penting. Jadi kita perlu memikirkan bagaimana caranya selalu menjaga lingkungan pekerjaan agar tetap bersih dan terbebas dari sampah juga debu. Juga tanamkan kebiasaan untuk meletakkan barang pada tempatnya, sesuai dengan kategori yang sudah kita buat sebelumnya. Gampang kan? Selamat mencoba ya :)

(10)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)