Review

Huawei Nova 3i, Ponsel Idaman Banget

September 30, 2018

Dalam hitungan hari, hampir selalu ada berita tentang hadirnya ponsel baru yang dirilis oleh berbagai vendor di seluruh dunia. Di satu sisi kita dibuat terkagum-kagum dengan segala teknologi baru yang mereka tawarkan, namun di sisi lain kita sebagai pengguna tentu menjadi sangat bingung untuk memilih yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Teknologi dalam dunia perponselan memang sedemikian cepat berkembang. Ada satu kesamaan dari semua teknologi baru yang ditawarkan tersebut yaitu memberikan kemudahan yang lebih bagi pengguna ponsel namun sekaligus juga memberikan hasil dan kualitas yang lebih baik.

Dari seluruh fitur dan teknologi yang ditawarkan, sebenarnya yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna ponsel semacam saya ini bisa disederhanakan hanya dalam 4 kriteria, yakni penampilan yang ciamik, kamera yang keren, memori yang besar serta lancar diajak gaming. Ya kan? Buat saya jika ada sebuah ponsel yang bisa memenuhi keempat kriteria itu, itulah ponsel idaman saya.

Huawei, Kasih Tak Sampai

Sebenarnya saya sudah lama banget melirik merk ponsel yang satu ini. Desain yang mereka tawarkan selalu bikin hati saya meleleh; simpel, cantik dan berkelas banget. Sayang sekali ponsel-ponsel Huawei selalu dibanderol dengan harga yang nggak terjangkau oleh budget saya. Misalnya desain Huawei P8 yang mewah dan tipis banget, atau Mate 8 yang bezel (bingkai)  di sisi kiri dan kanannya nyaris nggak keliatan, padahal itu semua dirilis tahun 2015 lho, tapi sudah begitu futuristik desainnya.

Nah, April kemarin Huawei menggebrak dunia pergadgetan dengan menghadirkan Huawei P20 Pro. Ponsel pertama di dunia yang memiliki 3 kamera utama. DXOMark sebagai situs referensi penilaian kualitas kamera, termasuk ponsel, hingga saat ini masih menobatkan Huawei P20 Pro sebagai ponsel dengan kamera terbaik di dunia dengan score 109. Tuh kan, Hal ini membuat saya menjadi tambah kepincut dengan brand yang satu ini. Lagi-lagi Huawei membanderol ponsel ini dengan harga di atas 10 juta rupiah. Saya harus buru-buru menguburkan impian untuk memilikinya…

Ponsel medium dengan Disain P20 Pro? 

Awal Agustus kemarin Huawei lagi-lagi memberikan kejutan untuk pasar Indonesia, yaitu mereka resmi meluncurkan ponsel kelas medium mereka yakni Huawei Nova 3i. Awalnya mendengar berita ini sih biasa saja, tapi ketika melihat foto dan spesifikasi Nova 3i kok saya jadi seneeeeeng banget. Disainnya itu lho, nyaris kembar dengan Huawei P20 Pro, khususnya yang warna twilight. P20 Pro warna twilight memiliki gradasi warna yang unik sekaligus smart yakni warna biru keunguan di bagian atas dipadu dengan warna hijau di bagian bawah. Cantik!

Nah Nova 3i juga menawarkan varian warna yang sama menariknya “iris purple”, yaitu warna biru di bagian atas dan ungu di bagian bawahnya. Belum lagi adanya lapisan kaca yang menutupi perpaduan warna tersebut, memberikan efek sangat mewah.  Siapa yang tidak jatuh hati melihatnya?

Layar yang merupakan bagian utama dari disain juga ditampilkan secara sempurna oleh Nova 3i. Kendati layarnya luas banget yaitu 6.3 inci dengan resolusi Full HD Plus namun ternyata masih nyaman dalam genggaman. Kok bisa? Tentu saja karena Nova 3i sudah menganut rasio layar 19.5:9 yang menjadikan lebar ponsel tetap dalam ukuran yang nyaman untuk digenggam. Rasio ini menjadikan dimensi ponsel lebih tinggi dibandingkan rasio 16:9.

Oh ya ada yang unik dengan notch (poni) pada layar Nova 3i ini. Jika kita ingin menghilangkannya ada fitur yang menjadikan sisi kanan dan kiri notch terisi warna hitam, jadi seolah ponsel ini tidak memiliki notch. Keren ya.

Satu lagi keunggulan disain Huawei Nova 3i yakni ketebalannya hanya 7.6 mm. Tipis kan? Padahal ada baterai sebesar 3340 mAh di dalam body setipis itu.

Kamera dan Memori, Satu Paket

Masih membandingkan dengan kakaknya, P20 Pro yang memiliki 3 kamera utama di bagian belakang, Huawei Nova 3i memiliki hanya 2 kamera utama yaitu 16 MP + 2 MP yang akan memberikan efek foto dengan kedalaman (bokeh). Kedua kamera utama ini pun dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI – artificial intelligence) yang akan mengenali kebiasaan kita dalam mengambil foto. AI akan secara otomatis mengenali obyek-obyek foto yang akan kita ambil dan langsung menyesuaikan setting kameranya agar mendapatkan hasil yang optimal, misalnya kontras dan kecerahan warna. Jadi AI bisa membedakan ketika kita mengambil obyek foto pemandangan dan obyek foto makanan. Yang pasti hasil fotonya tentu akan lebih menawan.

Tidak hanya kamera utama, di bagian depan juga ada 2 kamera yang masing-masing 24 MP dan 2 MP. Buat swafoto tentu kamera sebesar ini pasti akan memberikan hasil yang maksimal, belum lagi kedua kamera depan ini juga sama-sama dilengkapi dengan AI juga. Sepertinya nggak perlu ragu lagi dengan kualitas foto kamera depan Nova 3i ini.

Dengan kamera depan dan belakang yang mumpuni maka proses jeprat-jepret menjadi sangat mudah. Dibutuhkan memori yang sangat besar untuk mampu menyimpan semua hasil foto dan video tersebut. Tidak disangka Huawei Nova 3i memberikan kejutan yang belum pernah ada di ponsel pada kelas menengah, yakni memori internal sebesar 128 GB. Wow!

Gaming? Ayuk!

Huawei Nova 3i memiliki dapur pacu yang diisi oleh prosesor besutan Huawei sendiri yakni Kirin 710. Buat penggemar gaming ada fitur khusus yang disediakan oleh Huawei untuk mengoptimalkan performa Kirin 710 ini yaitu GPU Turbo. Apa sih GPU turbo itu? menurut Huawei kehadiran GPU Turbo akan mampu mengoptimalkan hardware dan software pada ponsel sehingga dapat meningkatkan kinerja grafis hingga 60%. Canggih man!

Buat gaming saja Nova 3i berani unjuk gigi, apalagi jika kita menggunakannya hanya untuk keperluan sehari-hari semisal bersosial media dan browsing. Sudah pasti kita tidak akan menemukan lag ketika mengoperasikan ponsel ini.

Cuma 3.7 Jutaan?

Eiiits beneran kok. Coba kamu browsing di marketplace langganan kamu. Bener kan cuma 3.7 jutaan aja. Untuk varian yang resmi masuk ke Indonesia adalah RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Pilihan warna selain si cantik iris purple ada juga warna black.

Rasanya nggak sabar buat memiliki ponsel idaman ini. Pas tau Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei, langsung deh saya coba ikutan. Siapa tahu memang jodoh, ya kan? Aamiin ya Rabb.

 

Catatan:
Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba menulis di blog bertema Smartphone Idaman Kamu Pada Tahun 2018 oleh Oom Yahya #HuaweiNova3i_ID #choosethebest

 

(45)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. Ikut mengaminkan juga mas buat smartphone idamannya masnya
    udah resolusi kameranya besar, bisa buat efek bokeh, memorinya juga besar, mana bisa buat main game dengan GPU Turbo plus tampilannya ciamikk,, ulalaa idaman banget heee
    Good Luck mas
    Salam kenal dari Bumi Jember ^_^

    1. Wah salam kenal Mbak Rohmah. Modelnya si Nova 3i ini memang nggak mungkina orang nggak suka kayaknya. Moga-moga Mbak Rohmah juga sama-sama dapat ponsel idaman ini, aamiin. Makasih ya sudah mampir mbak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
:-)) :-) :-D :-P (woot) ;-) :-o X-( :-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (K) (highfive) (LOL) (blush) (taser)