Review

Android 5 Inci Murah

August 29, 2012
Sumber : computerworld.com

Ada era ketika makin kecil ukuran handphone maka makin keren. Ini terjadi seingat saya ketika zaman Nokia 8250 atau 8310. Saat itu ukuran hp saling berlomba memperebutkan tahta sebagai hp terkecil namun canggih.

Era itu mulai berbalik ketika lahir Nokia communicator. Maka ukuran hp yang besar menjadi trendsetter gaya saat itu. Namun memang tren ini seakan berhenti di tempat hingga munculnya iPhone dan OS android yang kini kian populer dengan fenomena touch screen nya.

Hampir semua hp kini memiliki layar sentuh. Tidak hanya pada teknologi layar yang kian berkembang melainkan juga pada ukuran layar itu sendiri yang kian membesar.

Tahun lalu ukuran layar 3.5 inci seakan sudah merupakan ukuran yang paling minimal untuk disematkan di sebuah hp pada segmen medium. Ukuran terbesar yang populer adalah pada kisaran 4.3 inci.

Hingga akhirnya muncul Samsung Galaxy Note yang sebenarnya merupakan produk yang agak sulit dikategorikan apakah sebagai handphone atau tablet. Ukuran layar Galaxy Note yang 5.3 inci terlalu besar untuk sebuah smartphone, namun juga terlalu kecil untuk ukuran tablet. Terbukti pasar menerima dengan baik kehadiran Galaxy Note dengan tingginya angka penjualannya.

Fenomena ini langsung ditangkap oleh produsen smartphone merk lokal dengan mulai memborbardir pasar dengan produk android berukuran layar kurang lebih sama dengan galaxy note, yaitu sekitar 5 inci, bahkan juga 6 inci.

Ini beberapa produk tersebut yang telah resmi rilis di pasar Indonesia :

 

IMO W6800 Memo

Sumber : Tabloidpulsa.co.id

Dual sim card dengan layar 5.0 inci capacitif dan kamera 8 MP with Autofocus, LED flash, merupakan keunggulan yang dijual produk merk lokal ini.

Tampil bak pinang dibelah dua terhadap Samsung Galaxy Note, bedanya yaitu pada bagian depan IMO W6800 Memo tidak tampil sebuah tombol di bawah layar, melainkan 4 buah soft key.

Dengan dilengkapi prosesor MT6573 650 MHz, GPU PowerVR SGX 531 dan RAM 768 MB, hardware yang dimiliki IMO W6800 Memo ini terbilang di atas rata-rata di antara para pesaingnya.

Oh ya IMO W6800 Memo ini dibekali dengan baterai 2800 mAh dan berjalan di Android OS, v2.3.5 (Gingerbread). Harga di pasaran sekitar kurang dari 2 juta.

Beyond B78

Sumber : obachti-95.blogspot.com

Lagi, model Beyond B78 sama persis dengan Galaxy Note. Ukuran layar pun persis sama yaitu 5.3 inci. Tombol juga persis di tengah di bawah layar.

Beyond B78 dibekali prosesor 1 GHz, sedikit lebih besar dari IMO, namun RAM lebih kecil yaitu hanya 512 MB.

Beyond B78 sudah berjalan di OS terbaru yaitu ICS 4.0. Namun untuk urusan kamera Beyond B78 hanya berkekuatan 3 MP. Beyond B78 juga memiliki dual sim card GSM-GSM.

Banderol harga di kisaran 1.5 jutaan, masih di bawah IMO W6800 Memo.

Zyrex Onescribe ZA987

Sumber : lensaindonesia.com

Masih dari brand dalam negeri, kini Zyrex makin serius menelurkan produk-produk smartphone berbasis android. Zyrex Onescribe ZA987 yang berlayar 5.0 inci (800 x 480 pixel) ini juga berjalan di OS android terbaru yaitu 4.03 ICS.

Dengan kamera utama 8.0 MP dan baterai yang mumpuni 2500 mAh Zyrex melaju dengan prosesor 1 GHz Cortex A9 dan RAM 512 MB. Untuk mengunduh Zyrex Onescribe ZA987 ini menyediakan ruang simpan sebesar 4 GB sebelum dipotong untuk sistem.

Zyrex Onescribe ZA987 ini dilego pada harga sekitar 2 jutaan.

 

Advan Vandroid S5

Sumber : beritateknologi.com

Layar Advan Vandroid S5 sama persis dengan Galaxy Note yaitu 5.3 inci, bedanya adalah pada Advan Vandroid S5 menggunakan teknologi IPS.

Produk yang berjalan pada OS 4.0 ICS ini hadir dengan ketebalan 11 mm dan dengan pilihan warna hitam dan putih. Prosesornya Cortex A8 1 Ghz dengan RAM 512 MB.

Kamera utama sebesar 8 MP with flash dan kamera depan 0.3 MP. Belum diketahui pakah kamera utama ini dibekali auto fokus atau tidak. Baterai cukup mumpuni yaitu 2500 mAh.

Advan Vandroid S5 dibanderol dengan harga sekitar 1.8 jutaan.

 

Lenovo s880

Sumber : globalteleshop.com

Brand besar asal negeri China ini juga tidak mau ketinggalan meluncurkan hp berlayar besar ini. Dengan tak lupa dilengkapi dengan dual slot sim card gsm-gsm Lenovo S880 tampil dengan build quality body yang ciamik sehingga jauh dari kesan hp murahan.

Dengan layar yang berukuran mirip dengan Galaxy note yaitu 5.0″ WVGA, 480 x 800 pixel, Lenovo S880 dilepas di pasaran dengan harga 1.880.000.

Lenovo S880 dipersenjatai dengan prosesor MTK6575 ARMv7 Cortex-A9 1.0 GHz dan RAM 512 MB. Memori internal sebesar 4 GB sebelum terpakai oleh sistem. Kamera utama beresolusi 5 MP dengan auto focus serta kamera depan 0.3 MP.

Lenovo S880 memiliki baterai Li-Ion 2250 mAh. Cukup mumpuni untuk membuatnya bertahan seharian untuk penggunaan normal.

Keunggulan Lenovo S880 : memori besar, daya tahan baterai tangguh, memiliki FM trasmitter, brand internasional dan build quality bagus.

Kekurangan Lenovo S880 : layar agak redup

Axio Picopad Gea

Sumber : idhandphone.com

Setelah meluncurkan banyak pilihan ukuran tablet kini Axio kembali meluncurkan tablet dengan ukuran paling kecil, yaitu 5 inci TFT Transmissive LCD 800 x 480px yang diberi nama Axio Picopad Gea.

Berjalan pada OS ICS 4.03 Axio Picopad gea kembali mengusung fitur dual sim card GSM-3G. Kamera depan berukuran 5 MP dengan hasil yang cukup baik di kelasnya. Sedangkan kamera depan berukuran 0.3 MP.

Dibekali dengan memori internal 4 GB tablet mungil ini ternyata juga memiliki fitur TV analog. Saya belum tau apakah ada fitur untuk merekam siaran TV atau tidak.

Axio Picopad Gea ini memiliki prosesor MKT6575 1 GHz dan RAm 512 MB. Baterai yang digunakan adalah 1800 mAh.

Keunggulan Axio Picopad Gea : layar cerah, layanan purna jual baik, terdapat fitur TV analog, vuild quality bagus, kamera cukup baik,

Kekurangan Axio Picopad Gea : Model sama persis dengan Galaxy Note

Masih Banyak Merk Lainnya

Selain produk-produk di atas masih ada produk lainnya yang juga berlayar 5 inci seperti S-Nexian Five A5000, Mito 999 dan Maxtron MG555. Spesifikasi keduanya kurang lebih mirip dengan yang lainnya.

Ternyata Tidak Hanya 5 Inci…

Tidak hanya 5 inci, kini ada juga yang berukuran “layar 6 inci”. Tapi memang belum rilis di Indonesia. Coba lihat produk ini Dapeng i9800.

Tren ini sepertinya akan bertahan untuk beberapa waktu ke depan. Kita lihat bagaimana para vendor hp ini berlomba-lomba memanjakan pembeli dengan layar yang lega, dan semoga juga diimbangi dengan peningkatan kualitas. Semua ini tentu akan berimbas positif bagi kita, para calon pembeli (goodluck)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Boleh, mau yang mana : Galaxy Note 1, Galaxy Note 2, atau Galaxy Note 10.1 ? (bringit) (haha)

      Eitu ane banyak typo ternyata hehehe (doh)

  1. hihihi fast reading, terus pas ada yg pengen beli android murah, tibak’e blm masuk Indonesia toh … tiwas tak kasih link buat baca2 hahaha *maluuuuuu eh mlayuuuu*

  2. dulu sempet mupeng sama galaxy note. apa daya tangan tak sampai.. 😀
    alhamdulillah.. sekarang malah dapet HP yang diluar dari keinginan hehehe.. *hadiah dari misua* 😛

  3. Pingback: cheap android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.