Sharing

Ikutan Demam Korea

November 14, 2012

 

Parah! malam itu saya nggak sadar nonton serial ini sampai hampir jam 1 malam. Dan taukah saudara-saudara saya menonton apa? Nggak lain dan nggak bukan adalah serial drama Korea! tutup muka

Sebelumnya…

Saya sempat geleng-geleng kepala melihat maraknya demam korea di mana-mana termasuk di negeri kita. Orang-orang sekitar saya perlahan tapi pasti juga semakin banyak yang ikutan demam korea tersebut.

Korea memang telah membuat demam seluruh dunia hampir di seluruh bidang. Tidak hanya dengan musik, drama, dan film nya, bahkan gadget pun kini Korea yang merajai.

Saya cuma bisa tertawa melihat beberapa teman sekantor saya yang sedemikian rajin mengoleksi lagu dan drama serial Korea, atau saya bahkan mengejek keponakan saya yang begitu keranjingan boyband dan girlband asal negeri ginseng tersebut. Saya nggak habis pikir kenapa mereka bisa begitu menyukai semua yang berbau Korea tersebut, hingga akhirnya belum lama semua berubah…

Channel 19

Malam itu sebagaimana biasa ritual sepulang kerja saya dan istri nonton bareng acara televisi sambil menikmati makan malam. Saya iseng memindah-mindahkan saluran televisi hingga akhirnya saya menemukan saluran 19 (LBS TV) yang tengah menayangkan sebuah drama Korea klasik. Semua pemain terlihat memakai pakaian tradisional Korea tempo dulu. Mungkin setting waktu drama tersebut sekitar beberapa ratus tahun yang lampau.

Istri saya nampak mengenali drama ini dan dia tertarik ingin menyaksikannya. Walhasil saya juga ikutan nonton. Saya langsung teringat dengan tokoh Oshin dalam serial drama Jepang begitu melihat tokoh gadis kecil sebatang kara yang dikisahkan dalam serial tersebut. Cerita drama ini cukup menarik untuk diikuti, setidaknya saya dan istri tidak beranjak ketika menyaksikannya.

Picture : english.visitkorea.or.kr

Jewel in the Palace

Saluran 19 menayangkan serial drama ini tanpa diganggu dengan iklan sehingga sangat nyaman untuk dinikmati. Drama yang belakangan saya ketahui berjudul Jewel in the Palace dengan tokoh utama Jang Geum ini akhirnya mulai menjadi menu harian saya dan istri sepulang kerja. Bahkan penasaran dengan kisahnya secara utuh kami pun membeli koleksi DVD bajakan nya.

Hmmm Kenapa Ya?

Dari pertama kali kok ya saya langsung suka dengan serial ini, sekali pun tidak mengikuti sejak awal tetap saja ia menarik bagi saya. Mungkin saya bisa sharing beberapa sebabnya:

  • Dae Jang Geum sosok pribadi yang pantang menyerah, tekun, semangat, dan berani tampil berbeda jika merasa benar
  • Kasih orang tua adalah kekuatan maha dahsyat dan tiada duanya
  • Kesantunan Asia yang begitu memesona saya, dari cara berpakaian hingga hubungan laki-laki dan wanita yang begitu terjaga
  • Kebenaran sekalipun pahit dan berdarah-darah tetap akan menjadi pemenang
  • Dendam tidak akan pernah membawa kebaikan
  • Laki-laki dan wanita memiliki kesetaraan hak untuk berprestasi di berbagai bidang

Sepertinya masih banyak lagi pesan positif yang terkandung dalam serial ini. Tapi beberapa poin di atas lah yang paling saya rasakan.

Ngaku Deh, Saya Juga Demam Korea

Akhirnya saya harus ngaku bahwa saya juga ikutan terbawa demam Korea dengan pesona Dae Jang Geum, tapi untuk urusan musik dan drama serial lainnya sikap saya sepertinya nggak akan berubah, alias tetap kurang menyukainya.

Ini bener kok *tiba-tiba nggak yakin* (ninja)



 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. Saya jg suka ntn drama korea mas iman, tp g smwnya sih.. Bwat saya cerita didalam drama korea lbh b bobot dripada flm layar lebar horor indo, misal film bread love and dream yg critanya menurut saya kren, ud gitu itu ttg crita pmbuat roti, n pengetahuan akan pbuatan roti itu jg kentel….intinya setiap film ad tema masing2 n tema itu kentel di dlm critanya… Ad lg yg film seru judulnya Hello Ghost

    1. Wah beneran Isti mau ke Pulau Jeju. Gila banget (lmao)

      Memang film ini punya magnet tersendiri untuk kita terus ngikutin ceritanya (goodluck)

  2. Ga papa kok, banyak yang suka nonton drama Korea. Saya pernah nonton satu judul nya “City Hunter”, karena diiklanin temen pas lagi kuliah di Melbourne. Jadilah saya streaming ber-episode episode demi bisa nonton serial ini. Tapi abis itu saya insyaf, saya ga nonton lagi karena banyak nya tugas tugas kampus. 😀

  3. huah, drama ini udah lama euy.

    Saya juga gak mau terlewat saat drama ini diputar di indosiar. Hehehe. Udah beberapa kali malah.

    City hunter itu tentang pembalasan dendam atas terbunuhnya 19tentara korea dari 20orang (yg selamat cuma 1). Karena pemerintah korea menutup-nutupi kasus ini, jadi 1tentara yg selamat itu berniat utk balas dendam.

    1. Hampir setiap malam sepulang kerja saya pantengin DVD Jang Geum ini, habis bikin penasaran sih hehehe. Kayaknya lagi coba fokus ke 1 serial ini aja. Takut ketagihan lagi hehehe.

  4. tsaelah opaa.. lupa umur (ninja)
    beberapa waktu yang lalu sy jg pernah sih, hahaha..
    nonton yg Lie to Me, pemain utamanya Kang ji Hwan. Itu beneran nonton sampe begadang2, ngantuk2 di kantor haha..
    Abis itu langsung nyari serial lain yang pemainnya Kang ji Hwan. Udah dapat, banyak malah. Ada kali lebih dari 3 judul dvd (bajakan)nya sy beli. Sempat sy nonton 1 judul yang lain,
    Tapi ke sini2 kok rasanya jadi males nonton lagi.
    Karena imbasnya, gegara nonton itu, waktu buat membaca buku jadi berkurang drastis. Buku2 cuman numpuk belum dibaca. Sayang kan #uhuk #pencitraan B-)
    Akhirnya skarang dvd2 itu masih ada yg rapi kebungkus. Konsen ke buku aja deh, apalagi banyak film Indonesia yang mo tayang yang disadur dari buku, jd bukunya musti dibaca ulang hihi..

    1. iLLa udah liat Jewel in the Palace?

      Saya suka ini karena beda dengan serial drama yang pernah saya jumpai. Ini memuat banyak ilmu dan hikmah. Bagaimana seorang gadis yang begitu gigih berjuang dan mencoba menegakkan kebenaran. Bagaimana memasak itu adalah seni dan juga bagaimana dunia kedokteran kuno yang begitu menantang. Semua tersaji detail di sini. Selain itu dengan setting ratusan tahun lalu menjadikan film ini menarik dengan gaya berpakaian dan pergaulan yang begitu terjaga. So far suka sekali dengan serial ini.

  5. udah nonton yang ini.. dulu nonton di tv pas libur. tapi karena cuma 1 hari dan penasaran akhirnya download d hehehe..
    film nya baguuuuusss banget. masih banyak film korea yang menarik loh 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.