Komunitas

Mozaik Penuh Warna 2009 (3) : Plurk

December 31, 2009

Belum lengkap rasanya jika seorang blogger tidak turut aktif dalam dunia permicro-bloggingan. Salah satu sarana microblogging yang cukup banyak dipakai para blogger adalah Plurk. Saya nggak akan membahas apa dan bagaimana plurk itu. Karena dengan mudah kita bisa googling untuk mendapatkan informasi mengenai ini.

Setelah tercebur aktif dalam komunitas deBlogger, ternyata saya baru mengetahui bahwa ada satu sarana komunikasi yang biasa mereka gunakan untuk berbagi hal-hal yang bersifat ringan yaitu plurk. Informasi mengenai kapan dan di mana akan digelar rapat, info makan bareng, info traktiran ulang tahun, atau info-info lainnya yang sangat up to date dalam skala mini (dibatasi hanya 140 karakter).

Salah satu keunggulan plurk ini adalah memiliki respon yang sangat cepat dari semua plurker. Sehingga sangat efektif untuk menyebarkan info yang bersifat mendadak dan mendesak. Tak hanya tulisan, sebagaimana kita ngeblog secara konvensional, dengan plurk kita juga bisa berbagi foto, link, atau video. Ringan dan sangat menyenangkan. Dan akhirnya sejak akhir mei 2009, atau tepatnya 7 bulan yang lalu, saya telah memulai account di plurk.

Interaksi dengan sesama plurker secara online bisa begitu seru dan lucu, salah satu penyebab utamanya menurut saya adalah adanya emoticon-emoticon yang sangan lucu dan ekspresif yang disediakan plurk.

Tentunya bisa dibayangkan jika para plurker ini akhirnya bertemu muka secara offline dong? Pasti seru juga?

Ternyata … sebagian besar mahluk-mahluk yang hadir di kopdar plurker ini rata-rata pendiam (doh), hanya sebagian kecil yang memang sudah original agak berisik :)Saya telah beberapa kali mengikuti acara-acara kopdar para plurker ini, dan Alhamdulillah lagi-lagi saya mendapatkan sahabat-sahabat baru di sini. Ada satu kesamaan para plurker yang saya perhatikan, yaitu mereka adalah orang-orang yang sangat terbuka dan menyenangkan.

Ada satu bukti nyata atas betapa pedulinya para plurker ini kepada sesamanya, dalam salah satu tret saya yang berisi curhat banyak sekali teman-teman plurker yang memberikan nasihat, support, atau sekedar empati.

Terus terang saya pribadi merasa sangat tersanjung dengan respon teman-teman plurker tersebut. Betapa ini sangat berarti buat saya, bahwa mereka adalah juga ternyata sahabat-sahabat saya. Lagi-lagi ini kenyataan yang sangat menyenangkan hati.Banyak sahabat dan keluarga baru saya di plurk ini …

Ada Bunda Nurul, ada anak-anak saya Obelix dan Novi, ada Amri sang raja EO kopdar, ada Ibu guru Achie, ada Mba Ajeng dan Mba Mayasari, ada akhwat-akhwat juga seperti Hauri, Cici Silent, dan Lenidisini.

Di barisan para cewek ada Mba Tince yang periang, Ada pupuscantik yang suka ngomel (ninja), ada Mba Rara, ada Uchie sang pegawai depdiknas, ada Quini sang blogger bekasi, dan ada Mba Raviadi yang satu kantor sama Dhodie.

Untuk cowoknya ada Galeshka sang kojaker, Adhie asli Kuningan Jabar yang pendiam, Cipu yang kemarin frustasi habis traktir ultah (evil_grin), dan ada Aan Dhermawan sang calon pengantin januari 2010 ini.

Juga buat yang belum pernah ketemu muka, seperti Illa di Surabaya, Putry di Cawang (padahal deket loh), Hani di Pamulang, Buat Rashasseptia di Bantul, Anurai yang pas pameran komputer kemaren ga sempet ketemu, dan laennya semuah πŸ™‚

Tentunya masih banyak sekali yang belum saya sebutkan, tapi tetap semuanya adalah sahabat saya πŸ™‚


Ada satu keistimewaan dari plurk ini, karena di sinilah ternyata irisan semua sahabat dan saudara-saudara saya dari dua komunitas lain yang saya ikuti dapat bertemu. Ya, di plurk inilah saya menjumpai hampir semua anggota deblogger serta beberapa anggota milis KCB.
Alhamdulillah …Terima kasih ya, senang telah dipertemukan dengan kalian semua (worship). Terima kasih telah menjadi salah satu mozaik warna dalam hidup saya. Tahun 2009 memang tahun penuh warna buat saya. Thanks all …

Catatan : Terima kasih untuk foto-foto facebook yang saya ambil di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. ih kita ketemuan dulu baru nyemplurk yah (evil_grin) lha itu kok cuma kng doang ga pake jabar, ntar malah disangka kng jkt lho (hassle)

    #keknya respond sy sama yah kek di fesbuk note (mozaik_party) #heuheuheu………..

  2. Mas Iman, terharu baca postingan ini ada namaku disebut. Wuihhhhhh….. Blog nya kumasukkan ke blog roll ku yah.

    Anyway, saya temennya Astaqauliyah. Saya liat widget di blog nya mas Iman di support oleh Astaqauliyah.

  3. Cipu, thanks ya udah mampir di blog ane hehehe. Oh temannya Astaqauliyah? ane ambil beberapa widget dari tutorial dia. Wah salam deh buat dia ya πŸ™‚
    Cipu udah masuk blogroll ane juga tuh hehehe

  4. Duh Dian ini nggak istiqamah deh ngeplurk nya *tepok jidat*

    Tapi kalau mau fokus nge blog ya monggo hehehe. Sukses ya dengan blog nya dan tetap semangat πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.