Review

Nokia N8: Kejutan Kualitas HDTV ala Nokia

October 25, 2010

Pernah nggak terbayang ada sebuah mobilephone yang memiliki kemampuan kamera yang bahkan lebih baik dari sebuah kamera digital? Saya sempat untuk tidak percaya akan hal ini hingga ketika diluncurkannya seri teranyar dari Nokia, yaitu Nokia N8.

Kamera terbaik berkekuatan 12 MP (4000×3000 pixels) dengan lensa Carl Zeiss optics, kemampuan autofocus, dan Xenon flash ini diklaim hanya bisa berjalan di Nokia N8 saja (bigeyes) . Ini artinya kamera ini dimonopoli hanya oleh Nokia N8 saja (rock) .  Dalam blind test yang dilakukan oleh GSMArena hasil kamera Nokia N8 disandingkan terhadap cameraphone lain dengan kekuatan yang sama serta terhadap sebuah kamera digital. Dan hasilnya… wow di luar dugaan ternyata Nokia N8 menang telak (applause) . Coba lihat tabel hasil polling perbandingan kualitas hasil foto berikut:

Nggak hanya gambar diam saja kamera Nokia N8 ini ternyata menjadi jagoan, dalam urusan gambar bergerak (video) pun ternyata Nokia N8 jagonya. Video Nokia N8 ini berkemampuan 720p dengan @25fps (frame per second), memang bukan yang terbaik secara spesifikasi, karena ada juga Samsung S8500 Wave yang memiliki kemampuan video juga 720p dan @30fps. Bukankah film layar lebar pun cuma memiliki kemampuan @24fps? So, ini sepertinya tidak terlalu perlu dipersoalkan.

Video 720p memiliki makna bahwa kamera video pada N8 ini telah termasuk dalam kategori HD (high density), alias kerapatan gambar yang sangat tinggi sehingga tidak akan pecah jika ditampilkan dalam media layar yang lebih besar semisal televisi.

Berbicara mengenai televisi, khususnya HDTV, hasil video Nokia N8 ini selain apik tampil di layarnya sendiri (360 x 640 pixels, 3.5 inches, 16M colors) ternyata juga dapat langsung ditampilkan di layar kaca langsung melalui koneksi HDMI. Kita juga bisa menonton siaran televisi di Nokia N8 ini, bukan televisi analog sebagaimana yang kita temui pada kebanyakan handphone televisi saat ini, melainkan siaran TV digital.

Kembali tentang video Nokia N8 ini, jika masih ragu mengenai kualitas video Nokia N8, coba deh baca hasil uji perbandingan video Nokia N8 ini terhadap Samsung S8500 Wave dan iPhone4 di sini. Hasilnya warna pada video Nokia N8 jauh lebih natural, atau lebih mendekati warna aslinya dibandingkan dengan 2 kompetiternya tadi. Ini sungguh luar biasa mengingat video Nokia N8 ini belum dilengkapi dengan autofokus serta lighting. Satu lagi keunggulan video Nokia N8 ini, yaitu kemampuan menghasilkan suara dolby stereo yang sangat jernih.

Kamera Nokia N8 mampu melakukan hingga 3x digital zoom. Untuk gambar diam kemampuan ini terasa biasa saja, namun untuk gambar bergerak kemampuan digital zooming ini terasa sangat mumpuni. Proses zoom terasa sangat halus dan berkualitas. Saya coba membayangkan kesempurnaan kamera video N8 ini jika telah dilengkapi dengan autofokus dan lighting, pasti akan lebih luar biasa lagi (thinking) .

Nokia N8 menawarkan segudang keunggulan dalam dunia fotografi, bahkan bisa dibilang saat ini Nokia N8 adalah mobilephone dengan kualitas kamera dan video terbaik. Namun untuk urusan sistem operasi nampaknya Symbian^3 yang melekat pada Nokia N8 masih harus mengakui keunggulan sistem operasi Android dan iOS. Symbian^3 telah memiliki peningkatan yang pesat jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, tengok saja kemampuan seperti fitur multitouch, flick scrolling, dan pinch to zoom serta tentu saja mampu menghandle kamera 12 MP dan lampu Xenon sekaligus (funkydance) . Namun sekali lagi tetap Symbian^3 ini belum mampu menyaingi kedua OS terbaik saat ini tadi.

Prosesor ARM 11 680 MHz dan RAM 256 MB pun tampil mumpuni untuk menjalankan multitasking di Nokia N8. Tidak ditemui lag atau delay ketika kita mengeksekusi banyak menu sekaligus.

Nokia N8 tampil cantik dan elegan dengan tubuh terbuat dari alumunium anti gores, jadi kita nggak akan khawatir lagi menyelipkan Nokia N8 ini ke saku celana kita. Tampil slim (tebal hanya 12 mm) Nokia N8 memiliki varian warna beraneka yang sangat ciamik, yaitu hitam, oranye, biru, dan kuning lemon. Spesifikasi komplet Nokia N8 dapat ditengok di sini.

Di tanah air Nokia tengah gencar memperkenalkan Nokia N8 ini sebagai jagoan baru di Nseries. Lihat saja promosi Nokia N8 dengan Project Gener8 yang menggandeng Joko Anwar seorang sutradara muda yang tengah naik daun saat ini. Keunggulan Nseries dengan multimedianya selama ini benar-benar mampu diangkat kembali pamornya oleh Nokia N8. Setidaknya Nokia N8 telah mampu membuktikan bahwa Nokia masih memiliki sesuatu yang patut diperhitungkan oleh para pesaingnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Benar bro, saya pun takjub dengan kualitas kamera Nokia N8 ini. harganya pun masih terbilang masuk akal yaitu di kisaran 4.9 jutaan. Selamat membeli bro (goodluck)

    1. Iya nih, ane juga tertarik banget sama kemampuan kamera dan videonya. Sayang symbian^3 belum sebaik android maupun iOS (goodluck)

      1. kta spa symbian g sbaik android…enkan symbian x…awet batrex…kl android bros batre…waduh g enk bgt tuh..ntr dbwa bprgian tb2 btrex abis

    1. Wah ente punya BB? (woot) Hebat bener dah (applause) Kasih ke ane aja dah (blush)

      Ane mah cuma punya hp buat telp dan sms an dowang, eh bisa twiteran juga sih (tongue)

  1. Masih cakepan Hero gua ah..
    Nelpon sejam cuma serebu.. (lmao)
    Isi 50 rebu gratis ke sesama

    *lah malah iklan* (idiot)

    andaikan tu N8 diisi android pasti lebih keren..
    sayang cuma diisi symbian doang (tongue) cemen bener dah

    1. Bener banget Ris, ane nggak habis pikir kenapa ya Nokia keukeuh nggak mau pakai Android. Jangan2 nanti malah mereka terpuruk gara2 ketinggian hati mereka sendiri (hassle)

      Ane selalu ngimpiin Nokia keluarin seri android nya, tapi kayaknya nggak mungkin, Nokia masih merasa yang terbesar (lonely)

      1. Soalnya dia dah beli Symbians bulet bulet, dan para programmer nya ngga bisa bersaing dengan Android… So ? Riset udah dilakukan, produksi udah jalan, yah wes lah, gini jadinya

    1. Bener banget Zico, saya sendiri kaget dari hasil blid test ternyata kualitas foto Nokia N8 ini mampu melebih hasil foto kamera digital. Memang muantebb pisan deh (rock)

    1. Wah diskonnya bikin ngiler ya, kayaknya ini efek OS yang dipakai deh bro, coba kalau OS nya android atau iOS pasti deh laku keras, apalagi kamera kan keren banget tuh (goodluck)

  2. Sekarang dh ada HP dari NOKIA bercamera dg resolusi GIGANTIC yaitu NOKIA 808 – PureView …. Resolusi max 41 MegaPixel.. Autofocus.. harga sekitar 520 Euro

    1. Benar Muflih, ini gebrakan luar biasa dari Nokia. Kamera berkekuatan 41 MP itu gede buanget bro untuk sebuah hp hehehe (rock)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.