Sharing

Pekerjaanmu Passionmu?

December 8, 2011

Sumber Gambar : terusbelajar.wordpress.com

Perkenalkan, nama saya Iman. Background pendidikan saya adalah di bidang sains, tepatnya kimia. Dan saat ini saya bekerja di sebuah laboratorium Oilfield sebagai staff R&D (Research and Development) salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang specialty chemicals. Terlihat sempurna bukan? Pekerjaan dan background pendidikan saya memang klop.

Passion… minat… hobi… apa pun namanya, kata-kata ini kian hari kian menghantui saya. Apalagi begitu banyak kegiatan dan seminar yang membahas tema ini dan dikaitkan dengan pekerjaan. Kegalauan saya tentang passion ini kian meningkat karena ternyata orang-orang disekeliling saya banyak yang telah melakoni ini, yakni menikmati pekerjaan sesuai dengan passion mereka. Ah… galau plus gelisah.

Jujur, saya memiliki beberapa hobi yang saya begitu menikmatinya. Definisi hobi buat saya adalah sederhana, yaitu

kegiatan atau apa pun namanya yang bila kita mengerjakannya kita bisa lupa waktu, lupa lapar, bahkan rela bergadang untuk melakukannya. Dan itu semua dilakukan dengan senang hati, cape tapi puas.

Gitu deh kira-kira definisi asal-asalan dari hobi versi saya.

Hobi saya saat ini adalah all about gadget dan nonton film. Sejauh penerawangan saya yang masih sangat cupu di bidang bisnis, kedua hobi saya ini susah sekali untuk menghasilkan duit. Alih-alih menghasilkan duit kedua hobi saya ini malah menguras duit lho ternyata (goodluck)

Pekerjaan di kantor saya jalani laksana zombie aja, bergerak tapi tanpa hati dan tanpa interest sama sekali. Dalam hal ini saya tidak mau menyalahkan pilihan saya kuliah di Kimia dahulu, toh saat itu Kimia adalah pilihan terbaik buat saya.

Bertemu dengan teman-teman yang telah menekuni wirausaha dan melihat mereka begitu bahagia dengan pilihan yang mereka jalani makin membuat saya panas dingin. Rasa iri kian mencapai ubun-ubun saya. Walhasil panas di hati ini tetap butuh untuk disalurkan. Hingga saat ini saya masih jalan di tempat, berhenti pada rasa iri tanpa action apa pun. Masih bingung mau bergerak dari mana.

Menghimpun info tentang wirausaha telah cukup lama saya lakukan, misalnya bergabung di milis TDA. Tapi saya belum pernah ikutan mentoring mereka karena memang pertanyaan-pertanyaan saya di milis ini agak kurang mendapat respon mencukupi buat saya yang peragu ini. Mempelajari franchise juga telah saya lakukan, lagi-lagi nggak menemukan yang benar-benar sreg di hati.

Kemarin, tepatnya 2 hari yang lalu saya menemukan buku ini:

Sumber Gambar : jpmi.or.id

Sesaat setelah membeli buku ini saya bertemu dengan kawan-kawan blogger Anging Mamiri Makassar, salah satunya adalah Nawir yang malam itu memberi banyak pencerahan tentang apa itu wirausaha dan kaitannya dengan passion. Ah moga ini menjadi langkah awal yang baik. Doakan ya teman-teman (worship)

Apakah saat ini pekerjaan kamu adalah juga passion kamu? Sharing dong di sini (tongue)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. passion nya ke gadget?
    kenapa gak jualan gadget aja?
    hehheee…. jadi kan sekalian jualan…sekalian gonta ganti gitu….

    aku juga pingin tuh gabung di komunitas TDA

    1. Maunya sih cepet-cepet, etapi kayaknya kudu membangun ini dari NOL jadi butuh waktu lama kakak, mungkin 1-2 tahunan deh. Mohon doa ya (worship)

      1. huahahaha … kok tau sih ada rasa *mo nraktir* xixixi
        jangang bilang2 yg lain ya, klo rame2 bisa boncos tar om Brad-nya hahaha

        soal passion itu sendiri, eh ini tentang passionfruit bukan sih? *belaga pilon*

        1. Ayo dong cerita pekerjaan saat ini udah sesuai passion atau belum. Kan saya mau belajar kakak (goodluck)

          Omong2 boncos itu apaan ya? #bingung

          1. boncos ga tau? Ih ga gaul πŸ˜›
            boncos itu yg pasti bukan temennya si blodos hahaha

            saya sudah lama meninggalkan kuadran pekerja, tapi semasa saya bekerja dulu, ALL OUT banget. karena saya berpegang pada prinsip bekerja itu = ibadah , gaji itu = rejeki, dan keduanya hal yang berbeda. bekerja=ibadah=eksistensi diri, jadi saya tidak mau bekerja setengah2, sebab itu memalukan buat saya bila hasilnya tidak membuat bos takjub πŸ˜€ *maklum saya tergolong karyawan narcis*

            ketika sudah mencoba dunia usaha pun begitu, all out, sama aja kayaknya seperti orang ngeblog ya, pasti keliatan tuh yg setengah hati sama yang all out πŸ˜€

            ups, ini menjawab pertanyaan atau malah engga ya? Hihiihi
            maklum saya kan sudah terkenal lost focus hahaha

          2. Wah memang seharusnya begitu ya, sebagai karyawan yang baik dan berprestasi atau pilih sebagai wirausahawan yang berhasil. Nah boleh tau nggak kakak tahap/fasa peralihan dari dunia kerja ke wirausaha seperti apa?

    1. Wah pasti udah menghasilkan rupiah dan dollar ya dari ngeblog hehehe #mintabagian. Memang saat ini kerjanya di bidang apa bro? #pingintauaja

  2. Passion saya itu kuliner, pengennya sih punya usaha yg ada hubungannya dengan kuliner, background pendidikan yg dari ekonomi sih rasanya matching dgn passion dan pekerjaan saya saat ini, kerja di perusahaan sepatu yang ternyata tak jauh dari minat saya dgn alas kaki.

    Sangat menikmati pekerjaan saat ini tp akan sangat bersyukur kalo punya usaha kuliner sendiri *tetep* πŸ™‚

    1. Wah kuliner ya, kayaknya enak tuh hehehe #laper

      Kalau udah merasa enjoy dengan pekerjaan sekarang ya artinya udah ketemu passionnya dong kakak, enak tuh (goodluck)

  3. Kalau pekerjaan saya gak bisa berbagi, Mas. lah soale saya gak tahu je, pekerjaan saya ada passion apa enggak πŸ™

    Eh, itu franchise kayaknya menarik, yah? Ternyata, Malaysia sudah banyak menyebarkan franchisenya di Indonesia sementara Indonesia baru sedikit

  4. Assalamualaikum, salam kenal kembali sudah cukup lama saya jarang mengunjunggi para blogger di dunia maya. Saat ini kembali hadir . Berdasarkan difinisi hobi diatas. kalo gitu hobi saya Seo dunk karena kalo saya dah punya target bikin kata kunci agar bisa tampil nomor satu di google sampe lupa … oke kunjungan saya kali ini. bila ada posting baru kabari ya

  5. alhamdulillah saya hingga kini masih bisa melakukannya berjaln berdampingan mas.. walaupun sering saya nemuin, your passion is not about your career.. tapi tidak untuk saya.. karena kita memang punya pilihan dalm segal hal πŸ™‚

    1. Bersyukur dong jika pekerjaan saat ini adalah passion juga, pasti enjoy sekali dalam menjalaninya ya. Selamat bro, semoga menular juga ke saya #ngarep (haha)

    1. Eits, jangan salah. Ane punya beberapa teman blogger yang masih kuliah tapi mereka udah jadi pengusaha. Ayo bro dirintis sejak sekarang, jangan terlambat kayak saya gini hehehe (tongue)

  6. jadi apps developer buat gadget mas, kayaknya lumayan ada duitnya, hehe atau developer os os untuk gadget, kalau nonton film saya juga ngga ngerti gimana cara monetize nya, hehe

    1. Sayangnya saya bukan orang IT nih bro, pingin sih bisa aplikasi2 untuk gadget. Kayaknya susah kalau ke arah situ. Atau ente mau ajarin ane nggak? hehehe (goodluck)

  7. woo ketemu kak Nawir toh. dy itu kakak kelas eike loh,, haha.. #penting

    etapi dy emang dari kuliah jago utak atik kompi, sampe2 kalo ada teman2 yg kompinya bermasalah gausah dibawa ke tempat servis, kasi kak Nawir aja, wakaka.. (lmao) dan sekarang juga belio berani ngambil jalan yang beda dari teman2nya, kalo ga salah dy sekarang buka usaha ga jauh2 dr gadget, hape dan semacamnya kan ya. Ya sesuai sama passionnya dy itu. Mantap mentong..

    kita siy senasib opa, masih jadi zombi ihik.. #miris
    ada bukunya Rene suhandono. your job is not your career. Udah lama, tapi bagus.. (goodluck)

    1. Eh iLLa kemarin orang yang pertama kali dia sebut pas saya dan Nawir kopdar itu adalah dirimu lho (blush) #kipas2gossip #hehehe

      Nawir saat ini punya kios perlengkapan IT di Pusat Grosir Cililitan (PGC), baru minggu lalu saya main ke sana. Yuk iLLa mulai sekarang nih siap2 untuk ber wirausaha. Yuk yuk yuk… semangat!!! (rock)

  8. Jadi yg mas iman permasalahkan adalah hobi sebaiknya jd duit atau duit sebaiknya dihasilkan dari hobi, gitu ya.. hehe.. semangat smg cepet dpt jalan utk menuju hobi yg menghasilkan duit πŸ™‚ saya juga, aamiin.

  9. Hobi gadget dan film yang diseriusi bisa jadi duit koq, pernah kan nonton film berjudul Celullar (2004)? Nah secara TV nasional kita kan banyak FTV tuh, kenapa tidak bikin skrip (secara juga hobi nulis/blogging) bertema serupa untuk jadi FTV. Setuju? πŸ˜€

    1. Saya bikin skrip film atau sinetron? (woot) wah saya belum bisa kayaknya bro. Tapi saya belum nonton Cellular nih, jadi penasaran (tongue)

  10. Pekerjaan saya tukang bangunan. Passion saya masak-memasak. Benar-benar gak nyambung, ya. Tapi jalani aja dulu. Ntar kalo udah tiba saatnya bikin rumah makan, kerja sesuai passio bener nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.