Sharing

Saatnya Perang Paten?

December 21, 2011

Sumber Gambar : http://www.androidguys.com

Seru juga membaca berita demi berita tentang perang hak paten yang melibatkan vendor-vendor gadget berskala raksasa. Bagaimana Apple menuntut Samsung atas produknya yang diklaim telah melanggar beberapa hak paten miliknya. Nggak lama setelah itu media ramai memberitakan bahwa Samsung balik menuntut Apple dengan tuduhan yang sama. Beneran perang (rock)

Menyusul kemudian Apple juga menuntut HTC dan juga Motorola perihal pelanggaran paten juga. Pihak yang dituntut oleh Apple ini pun akhirnya balik menuntut juga. Nggak hanya dari group Android (Samsung, HTC, dan Motorola), ternyata Kodak dan Nokia juga harus berurusan dengan Apple terkait masalah paten ini. Oalah saya jadi pusing baca ini semua (doh)

Adanya saling tuntut hak paten ini membuat saya tergelitik untuk mengetahui apa sebenarnya definisi hak paten ini. Ini saya kutipkan definisi paten dari Jeng Wiki(pedia):

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor (orang yang melaksanakan ide) atas hasil Invensi(ide)nya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)

Dari definisi paten di atas sepertinya terlihat adanya semangat untuk melindungi suatu ide dalam bidang teknologi dari kejahatan pembajakan. Tapi saat ini terkait adanya saling tuntut hak paten terkesan semangat yang muncul bukanlah demikian, melainkan semangat untuk saling menjatuhkan lawan bisnis dengan segala cara, apa pun!

Paten apa saja sih yang sampai-sampai membuat mereka sedemikian ngotot untuk saling menjatuhkan, yuk kita lihat beberapa contoh tuntutan Apple kepada Samsung (goodluck) (diambil dari The Verge, terjemahan diambil dari kaskus)

Smartphone:

  1. Bagian depan tidak boleh menggunakan warna hitam.
  2. Bentuk keseluruhan tidak boleh persegi panjang, atau tidak boleh memiliki sudut membulat.
  3. Posisi layar tidak boleh terletak di tengah pada bagian depan dan memiliki batas substansial.
  4. Slot speaker tidak boleh dipasang secara horisontalΒ  (doh)
  5. Bagian depan harus diberikan banyak ‘perhiasan’.
  6. Tidak boleh memiliki panel depan sama sekali.

Tablet:

  1. Bentuk keseluruhan tidak boleh persegi panjang, atau tidak boleh memiliki sudut membulat.
  2. Frame depan harus tebal dan tidak boleh tipis.
  3. Bagian depan tidak sepenuhnya datar.
  4. Profil/ukuran perangkat tidak boleh tipis.
  5. Penampilan harus berantakan.Β  (woot)

Lucu-lucu ya tuntutannya (haha)

Dan sepertinya tren perang paten ini belum akan segera berakhir. Sebagai penikmat produk kita cuma bisa menyaksikan saja para gajah ini berperang.

Gimana komentar kamu tentang fenomena perang paten ini? Cerita dong (goodluck)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Iya, ini bentuk nyata kesalahan dalam penerapan paten kayaknya. Jadi nggak dilihat dari substansi tapi malah untuk saling jegal demi bisnis semata (taser)

    1. Hehehe banyak lagi kok yang aneh2 misalnya multi tasking, slide to unlock juga dituntut lho oleh Apple. Lama2 Apple akan jadi musuh bersama nih kayaknya (goodluck)

        1. Wah parah tuh kalau begitu, namanya picik euy. Lagian memangnya dapat untung apa kita sampe ikut musuh2an? ya kan? #gapenting (haha)

  1. saya tidak membeli samsung, karena misalnya connector, samsung seolah meniru plek connector yang dibuat apple, tapi kalau apple banyak mengembangkan tuntutannya kok kedengeran jadi lebay dan kurang simpatik terhadap apple

    tapi saya memang tidak mengerti paten sih πŸ˜€

    1. Sama, saat ini saya juga bukan pengguna samsung maupun apple. Setuju jika terkesan apple makin ke sini makin lebay dengan aneka tuntutannya (goodluck)

  2. Emang kalo dipikir-pikir keduanya memiliki desain produk yang hampir mirip Mas… Semoga ada jalan keluar yang baik. Kita tinggal nikmati hasil desainnya yang keren2 aja hehehehe….

    1. Wah Asop ini apple fan boy ya (haha)

      Produk2 apple memang jauh lebih mahal ya bro, wajar lah ini kan produk untuk warga berkantong tebal (goodluck)

  3. Jadi kepikiran, kalo perusahaan lain membuat produk yang mirip dengan Apple, padahal memang sudah dipatenkan, itu karena apa ya? Apakah memang secara nggak langsung mengakui kalau produk Apple memang bagus dan layak ditiru [dibuat mirip], atau karena emang nggak bisa bikin model / bentuk lainnya sehingga mau nggak mau ngikutin?

    *Ini kok malah banyak tanya.*

    1. Wah ada Isnuansaaaaaaaaaaaaaaaa!!!! #lompat2girang

      Nggak gitu juga sih menurut saya, bukan dalam arti perusahaan lain meniru dan produk apple lebih baik, tapi kalau bentuk tablet yang kotak mendatar dengan ujung agak membulat dipatenkan oleg apple lantas bentuk tablet yang bagaimana dong yang bisa dibuat perusahaan lain? ya kan?

      Ibaratnya begini, suatu perusahaan mempatentakn bentuk roda yang bundar, apakah lantas semua produk yang memakai roda harus membayar paten ke dia? Kalau pengertian saya sih gitu. Udah ada penyalahgunaan fungsi dan tujuan paten sekarang ini (goodluck)

      Makasih ya udah mampir dimari πŸ˜€

    1. Kualitas dalam pengertian apa ya bro?

      Dari segi hardware pesaing apple udah pakai prosesor yang lebih mumpuni, layar lebih lebar, resolusi gambar lebih tinggi. Untuk segi aplikasi pesaing apple lebih banyak dan gratis pula karena open sources. Untuk segi bentuk memang apple minimalis dan elegan, tapi pesaing juga nggak kalah cantik kok, bahkan lebih tipis. Untuk daya tahan baterai apple terbukti gampang drop. Untuk kamera banyak pesaing apple yang kameranya lebih mumpuni ketimbang apple. Banyak lagi hal lainnya yang jika dibandingkan ya tetap hasilnya nggak selalu apple unggul.

      Jadi kualitas dalam hal apa ya? #bingung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.