Review

Hisense E910 Smartfren Andro, Gebrakan Awal tahun ala Smartfren

March 28, 2012

Pesatnya perkembangan pemakaian mobile internet di negeri kita menjadi ceruk pasar yang makin menggoda terutama bagi para operator penyedia layanan internet mobile. Data survey Nielsen’s pada bulan Juli 2011 memperlihatkan setidaknya jumlah pengguna mobile internet ini mencapai hingga sekitar 48% dari keseluruhan pengguna internet di Indonesia yang berjumlah 45 juta (Menkominfo Juni 2011), dan ini nampaknya akan terus berkembang lagi.

Hal inilah yang tampaknya sangat disadari oleh Smartfren, salah satu operator jaringan CDMA yang sangat concern memberikan layanan mobile internet yang relatif terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Operator besutan PT Sinarmas yang mempelopori EVDO revisi B dengan speed mencapai hingga 14.7 Mbps ini kian agresif bergerak. Tren smartphone berbasis android yang sangat identik dengan mobile internet pun kini tidak luput dari lirikannya.

Kesungguhan Smartfren untuk mencoba selalu menjadi terdepan dalam layanan mobile internet yang terjangkau di Indonesia dibuktikan dengan gebrakan mereka di awal tahun 2012 ini. Dalam event Mega Bazaar akhir Februari 2012 lalu Smartfren melakukan soft launching produk terbaru mereka yaitu Smartfren Andro.

Soft launching ini ditandai dengan dibukanya pre order produk ini yang sejatinya baru akan tersedia tanggal 12 Maret 2012. Tersedia bonus yang sangat menggoda bagi para pemesan dengan cara pre order di event Mega Bazaar ini, yaitu sebuah handphone Enduro senilai 139 ribu, flash disc 4 GB berbentuk robot android hijau nan lucu, serta 2 buah voucher karaoke DIVA Central Park.

Ternyata peminat Smartfren Andro ini tidak sedikit lho, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang melakukan pre order ini. Memang produk ini sebelumnya sempat menjadi hot gossip di milis salah satu komunitas android terbesar di Indonesia. Mengapa Smartfren Andro ini sedemikian menarik hingga membuat orang rela memesan jauh hari sebelum produk ini benar-benar meluncur di pasaran? Yuk kita bahas (rock)

Alhamdulillah saya mendapatkan pinjaman handphone fenomenal yang dibandrol dengan harga Rp 1.483.900 ini untuk bisa saya buat reviewnya di blog tercinta ini.

Box and Unboxing


Box Smartfren Andro yang didominasi warna putih dan merah ini memberikan banyak info mengenai produk ini. Dari spesifikasi lengkap, kompatibilitas dengan PC, jaringan dan kemampuan speed data, dan OS android yang digunakan. Tertulis bahwa Smartfren Andro ini memiliki brand asli Hisense E910. Brand asal China ini memang belum sepopuler Huawei di negara kita, namun demikian Hisense saat ini merupakan salah satu brand terbesar juga di China.

Menilik ke dalam kotak, tersaji kelengkapan sebagaimana yang biasa kita temui dalam paket pembelian smartphone android lainnya yaitu : charger sekaligus kabel data, headset 3.5 mm, baterai 1630 mAh, manual book, kartu garansi dan tentu saja handheld (hh) berwarna hitam dengan bentuk rounding di keempat sisinya, cukup manis dan stylish.

Tersedia tambahan dalam paket pembelian ini yaitu kartu perdana smartfren dengan bonus internet 12 GB selama 1 tahun. Dijelaskan lebih lanjut bahwa bonus ini akan diberikan setiap kali  melakukan top up pulsa sebesar minimal Rp 50.000 dengan free internet sebesar 1 GB, demikian hingga 12 kali pengisian pulsa dengan waktu maksimal 12 bulan.

Oh ya selain yang disebutkan di atas, di dalam hh berdimensi 125,5 x 64 x 10,8 mm ini juga telah terpasang micro SD merk Kingston sebesar 4 GB.

Layar Memesona

Kesan pertama ketika menghidupkan hh ini adalah layarnya yang lega dan cerah. Inilah yang menjadi sesuatu paling istimewa dari Smartfren Andro ini, karena ini merupakan smartphone Android CDMA EV-DO Rev A RUIM berlayar 4 inci pertama yang hadir di Indonesia. Layar berteknologi IPS TFT Capacitive 16 juta warna ini memiliki kerapatan WVGA 480×800 pixels, setara kerapatannya dengan Samsung Fascinate yang juga memiliki ukuran layar 4 inci.

Kemampuan mendukung multi-touch hingga lima sentuhan dan kinetic scrolling pada layar seolah memang menjadi syarat wajib bagi hh ber-OS android. Dan ini mampu dihadirkan oleh Smartfren Andro dengan sangat mengesankan.

Layar tampil sangat cerah namun tetap natural dan tentu saja sensitif sehingga menjamin kenyamanan ketika digunakan. Untuk harga di kisaran 1.5 jutaan kualitas layar smartfren Andro ini memang sangat patut diacungi jempol.

Terdapat 4 soft button di bagian bawah layar, yaitu menu, home, back, dan search. Kesemuanya sangat responsif dan nyaman untuk digunakan.

Kualitas Suara

Suara yang dihasilkan dari speaker hh ini terbilang lumayan jernih. Jika menggunakan headset bawaan maka alunan musik akan terdengar cukup nyaman di telinga, namun dengan kualitas yang standar saja. Saya mencoba membandingkan dengan menggunakan beberapa headset gadget lain, yaitu headset bawaan MP3 player Sansa dan headset bawaan iPod Touch. Dengan headset MP3 player Sansa terdengar suara bass lebih terasa sedangkan dengan headset bawaan iPod Touch suara terdengar lebih soft dan jernih.

Dengan demikian sources suara yang dihasilkan hh ini sudah cukup baik, tinggal kita gunakan headset yang cocok dengan kita maka akan dihasilkan suara yang lebih mumpuni ketimbang menggunakan headset bawaan.

Baterai tangguh


Untuk hh berlayar lega memang dibutuhkan daya yang besar juga. Hal ini sangat disadari oleh vendor pembuat hh smartfren andro ini. HH hitam nan slim ini dibekali dengan baterai berkekuatan 1630 mAh. Relatif lebih besar dibanding dengan hh dengan ukuran layar yang sama.

Untuk pemakaian normal hh ini mampu bertahan hidup lebih dari 8 jam. Memang tidak terlalu istimewa, namun sedikit lebih baik dari hh android pada umumnya yang hanya mampu bertahan hanya sekitar 6-7 jam saja.

Sedikit tips untuk menambah umur baterai coba ubah brightness layar pada angka sekitar 20-30% saja. Jangan khawatir, untuk settingan brightness di 20-30% ini kecerahan teknologi layar IPS smartfren andro ini tetap memukau dibandingkan hh lain pada settingan brightness yang sama. Konsumsi daya terbesar pada sebuah hh adalah pada layarnya. Untuk kenyamanan sebaiknya tetap diperlukan mobile charger untuk anda yang lebih sering berada di luar ruangan.

Lemot? Nggak lah


Lemot atau tidaknya sebuah hh sangat tergantung pada hardwarenya. Smartfren andro ini bukanlah hh dengan spesifikasi sembarangan. Lihat saja prosesor yang mengotaki hh ini adalah Qualcomm MSM7627A dengan clock speed 1.0 GHz. Selain itu bagi penggemar games hh ini juga telah memiliki GPU adreno 200 yang kuat untuk memainkan game-game berteknologi layar HD.

Multi tasking yang saya lakukan pada hh ini tidak membuatnya menjadi lemot. Semua aplikasi yang saya buka secara bersamaan ini masing-masing masih bisa berjalan dengan smooth dan lancar tanpa gangguan nge-lag.

Memori Internal Kecil

Ini mungkin salah satu kelemahan terbesar hh ini. Ketika pertama kali menghidupkan hh ini hal pertama yang saya lakukan adalah melihat besaran memori internal yang tersisa. Ternyata hanya tinggal 122 MB saja. Artinya kita harus ekstra hati-hati untuk mengunduh beragam aplikasi, tanpa kita sadari tiba-tiba aneka aplikasi tersebut bisa menyedot sisa memori internal yang memang sedikit ini.

Untuk mengantisipasi hal ini bisa dilakukan secara manual, yaitu rajin-rajinlah memindahkan aplikasi yang kita unduh ke memori eksternal. Selain cara tersebut kita juga bisa melakukan rooting pada hh, namun tindakan ini bisa menghapuskan garansi. Untuk pembahasan mengenai rooting Smartfren Andro ini juga telah banyak dibahas di berbagai forum, antara lain di sini.

Kamera Tanpa LED dan AF

Fitur kamera menjadi salah satu nilai minus hh ini. Dengan kekuatan kamera hanya 3.2 MP dan tanpa disertai LED ataupun fitur auto focus (AF) maka bisa dikatakan kamera pada Smartfren Andro ini sangat minimalis. Walhasil kamera hanya bisa digunakan jika dalam kondisi berlimpah cahaya saja dan jangan pernah berharap bisa menghasilkan foto yang baik dalam kondisi cahaya redup atau bahkan gelap.

Namun hal ini bisa diatasi salah satunya dengan bantuan aplikasi tambahan semisal camera360, sehingga kamera yang sangat terbatas ini pun bisa menghasilkan foto yang tetap memukau.

OVERALL

Untuk hh dengan bandrol 1.5 jutaan smartfren andro ini sangat layak untuk dilirik sebagai pilihan. Selain karena spesifikasi hardware yang tangguh dan luas layarnya yang 4 inci ini, smartfren andro menjadi kian istimewa karena bisa menggunakan RUIM yang memudahkan bagi kita untuk melakukan gonta-ganti nomor, walaupun memang hh ini di lock hanya untuk kartu smartfren.

Smartfren andro mengusung OS yang saat ini tengah meroket yaitu OS Android 2,3 Gingerbread dan dilengkapi dengan kecepatan internet EVDO rev A yang mendukung hingga kecepatan 3.1 Mbps. Hal ini merupakan paduan sempurna bagi kebutuhan mobile internet masyarakat kita saat ini. Apalagi kabarnya OS hh ini akan segera dapat diupgrade ke OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich dalam waktu dekat.

Untuk kita yang memang memiliki budget terbatas namun ingin memiliki hh dengan spesifikasi di atas rata-rata sepertinya smartfren andro ini merupakan pilihan yang tepat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    1. Pakai smartfren so far memuaskan sih koneksi internetnya bro. Dan yang paling penting relatif murah hehehe. Coba aja (goodluck)

  1. kurang meyakinkan nknapamya atau bisa jadi presale buat liat market indonesia. klo gw sih, berharap bakrie yg menang tendernya coz menurut gw esia memang sudah malang melintang di CDMA (sotoy) hehehe dan lagi gw pakenya esia >_< mudah2an cepet di indonesia

  2. untuk harga segitu ya wajar mas, bila tidak menyertakan flash dan autofocus, komponen termahal dalam suatu hp konon adalah kamera dan layar lcd nya, jadi mungkin utk menekan biaya produksi, fitur kamera yang dikurangi 😀

    1. Iya sih bro, secara layar SF Andro ini termasuk keren dan terang banget. Jadi mungkin komponen kamera terpaksa deh harus mengalah hehehe

    1. Wah setia banget gitu sama Nokia? Hebat nih mbak Anny ditengah gempuran smartphone canggih dan terjangkau di brand lain masih tetap bertahan di Nokia (worship)

  3. Pesatnya perkembangan pemakaian mobile internet di negeri kita menjadi ceruk pasar yang makin menggoda terutama bagi para operator penyedia layanan internet mobile. Data survey Nielsen�s pada bulan Juli 2011 memperlihatkan setidaknya jumlah pengguna mobile internet ini mencapai hingga sekitar 48% dari keseluruhan pengguna internet di Indonesia yang berjumlah 45 juta (Menkominfo Juni 2011),

    1. Ini memang hp CDMA kok bro, malah kabarnya udah bisa unlock untuk semua operator hehehe. Lengkapnya bisa baca di forum agan2 (ninja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.