Review

ICS 4 CDMA Murah

August 9, 2012

Memiliki sebuah handphone android yang telah ber OS Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0 ternyata tidak harus mahal. Hanya dengan budget di bawah 1 jutaan ternyata kita bisa membawa pulang gadget idaman yang telah ber OS Android ICS 4 tersebut.

Smartfren Andromax Hisense E860 adalah buktinya. Hanheld (hh) cantik besutan operator CDMA smartfren tersebut dibanderol hanya Rp 888.000. Yuk mari kita intip performa nya.

Spesifikasi

Dipersenjatai dengan prosesor 800 Mhz Qualcomm MSM 7625A Smartfren Andromax ini cukup mumpuni untuk menjalankan semua sistem operasi android ICS 4. Walaupun jangan pernah coba untuk dibandingkan dengan prosesor 1 GHz atau dual core bahkan quadcore (goodluck)

Memori internal smartfren andromax ini adalah 1 GB. Memori yang tersisa untuk dapat digunakan oleh penggunanya adalah sekitar 568 MB setelah terpotong untuk keperluan sistem. Lumayan besar untuk hp dengan budget harga di bawah 1 juta.

Spesifikasi hardware lainnya adalah hh ini dilengkapi dengan bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan sebesar RAM 512 MB.

Desain

Bodi berwarna hitam dengan keempat sudut yang membulat mengingatkan kita pada desain Samsung Galaxy Ace. Walau dengan harga yang sangat minimum Smartfren Andromax tampil cantik dengan lapisan chrom di sekeliling bodi. Logo smartfren tampil mencolok, walaupun demikian cukup manis dengan warna chrom di bagian tengah atas layar.

Terdapat 4 softkey di bagian bawah layar sebagaimana hp android pada umumnya yakni menu, home, back, dan search.

Tombol power tidak diletakkan di bagian atas, pada smartfren andromax ini tombol power kita temui pada sisi kiri ponsel.

Di bagian kanan seperti biasa ada tombol volume. Port untuk headset 3.5 mm terdapat di bagian atas bagian atas. Sedangkan di bagian bawah terdapat port micro usb untuk koneksi kabel data atau pun untuk melakukan charge.

Cover belakang menggunakan bahan plastik bertekstur. Cukup nyaman di genggaman tangan sehingga tidak mudah slip sekalipun tangan sedang berkeringat.

Secara keseluruhan bodi smartfren andromax ini tampil menarik dan rapi. Tidak terkesan sebagai hh murahan.

Layar

Bagian terpenting dari hh android saat ini adalah layar. Ini adalah bagian yang paling mudah kita lihat dan nilai. Banyak hh yang memiliki daya tarik sangat kuat justru karena pesona keindahan layarnya.

Smartfren Andromax menggunakan layar 3.5 inci. Cukup lega. Luas layar sama dengan iPhone 4S walaupun tentu saja andromax ini tidak menggunakan teknologi kedalaman warna retina display. Kerapatan layar adalah 320×480 pixel atau biasa disebut sebagai HVGA. Cukup nyaman di mata, walaupun jika di bandingkan dengan Smartfren Andro 4 Hisense E910 yang berteknologi IPS masih kalah terang.

Sumber : Smartfren.com

Gaming

Untuk kemampuan memainkan gaming standar hh ini sudah pasti tidak diragukan lagi karena hh ini telah didukung oleh adreno 200.

Namun untuk games kelas HD nampaknya masih belum sepenuhnya support. Terus terang saya adalah bukan seorang pecinta games. Tapi berdasarkan info di salah satu video youtube memang Smartfren Andromax ini belum mampu memainkan games sekelas HD.

Kamera

Inilah salah satu kelemahan Smartfren Andromax yakni hanya dibekali kamera 3.2 MP fixed fokus dan tanpa flash. Kamera yang tidak dibekali auto fokus ini menghasilkan gambar yang baik jika dalam keadaan berlimpah cahaya. Jika pada kondisi low light jangan pernah berharap untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Baterai

Untuk layar sebesar 3.5 inci tampaknya supply energy dari baterai berkekuatan 1200 mAh dirasakan cukup. Bertahan selama 1 harian adalah sesuatu yang cukup baik bagi sebuah hh android.

Jaringan dan Internet

Smartfren Andromax berjalan di jaringan CDMA 800 MHz. Hh ini dibekali dengan slot ruim card, jadi tidak perlu repot-repot untuk melakukan inject nomor.

Karena hh ini adalah produk bundling dari operator smartfren, nampaknya memang ia dikunci terhadap operator lain. Ketika dicoba memakai kartu cdma dari operator lain ternyata memang tidak support dan muncul tulisan “invalid RUIM”.

Oh ya, hh ini support internet revisi A yang bisa melaju hingga 3.1 mbps. Kecepatan internet sangatlah tergantung posisi.

Wi-fi Tethering

Sebagaimana hh android lainnya, Smartfren Andromax juga bisa dijadikan sebagai mobile hotspot ke beberapa device lain. Yang pasti ini sangat bergantung kekuatan jaringan smartfren.

Kesimpulan

Sangat sulit menemukan handphone android yang telah memiliki OS ICS 4.o dengan harga di bawah 1 juta. Produk yang dilaunch oleh Smartfren beberapa bulan lalu ini masih tetap menarik perhatian dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi. Bahkan menurut saya dengan spesifikasi seperti ini sebenarnya Smartfren Andromax pantas untuk dijual pada kisaran harga di atas 1 juta.

Sebuah hh yang sangat pantas dijadikan pilihan untuk yang memiliki budget terbatas. Smartfren Andromax ini sangat “Price to Performance“.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. andromax kalo untuk aplikasi office n pdf gimana, mas?
    mesti install n bayar2 lagi kayak BB utk editor document nya gak?

    klo untuk email, attachment n utak-atik document, pake andromax recomended gak?

    maklum gaptek.. hehe..
    thx u..

    1. Untuk office dan PDF bisa kok, apalagi ini udah ICS pasti banyak aplikasi yang sudah support dan umumnya free. Kalau untuk attachment email juga nggak ada masalah. Moga membantu ya šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.